HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Korsel bidik 1,2 juta wisatawan muslim tahun ini

oleh : Sanny Cicilia | Selasa, 04 April 2017 | 17:29 WIB

Korsel bidik 1,2 juta wisatawan muslim tahun ini

JAKARTA. Korea Selatan tak main-main menggarap destinasi syariah. Targetnya, negara produsen K-Pop ini mendatangkan 1,2 juta wisatawan muslim tahun ini.

Seiring dengan kampanye Muslim Friendly, Korea Selatan menambah 135 restoran menjadi 170 restoran halal, denga asumsi ini merupakan hal penting bagi wisatawan muslim. Restoran muslim friendly ini biasanya menghadirkan hidangan seafood dan vegetarian. 

Ada empat jenis restoran yang bisa disambangi turis muslim di Korsel, yaitu yang berlabel Halal Certified yang sudah diberikan Korea Muslim Federation (Federasi Muslim Korea).

Jenis restoran berikutnya adalah Self Certified di mana restoran melakukan sertifikasi sendiri setelah evaluasi. Juga ada restoran Muslim Friendly yang menjual beberapa menu halal, serta Pork Free yang menyajikan hidangan selain daging babi.

September nanti, Korsel juga kan menggelar Halal Restaurant Week dengan harga diskon bagi para wisatawan muslim yang berkunjung. Tak hanya itu, Korsel juga menerbitkan buku panduan tentang lokasi restoran dan tempat ibadah bagi umat muslim.

Tahun lalu, jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Korsel ada 980.000 wisatawan, hanya 5,7% dari 17,2 juta wisatawan asing. Meski begitu, selama lima tahun terakhir, wisatawan muslim terus meningkat. "Bersama dengan pasar wisatawan China, wisatawan musli menjadi salah satu pasar wisatawan yang populer di Korsel," tulis Korea Tourism Organization (KTO) dalam rilis resmi pada KONTAN, Selasa (4/4).