HOME| Wisata|

INDUSTRI PARIWISATA

Lampung Selatan siap jadi KEK Pariwisata

oleh : Jane Aprilyani | Rabu, 09 Agustus 2017 | 13:53 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Lampung Selatan siap jadi KEK Pariwisata

JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mendorong setiap daerah untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. Sebelumnya sudah ada dua provinsi yang mengusulkan KEK, yaitu Jawa Barat berjumlah delapan KEK dan Jawa Timur mengusulkan tiga. Sekarang gilirian Provinsi Lampung yang didorong untuk menyediakan lahan yang nantinya akan dibangun KEK.

“Lokasinya di Lampung Selatan daerah Kalianda, bernama Krakatau Nirwana Resort dengan tanah seluas 352 hektare (ha). Bahkan akan dikembangkan menjadi 800 ha,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Rabu (9/8).

Jika ingin menjadi destinasi kelas dunia, faktor amenitas, aksestabilitas dan atraksi (3A) di Lampung perlu diperhatikan. Rencananya, Bandara Radin Inten II Branti Lampung tahun ini sudah siap diresmikan menjadi bandara Internasional.

Target pemerintah, sekitar 100 titik atau lokasi di seluruh Tanah Air yang memiliki potensi pengembangan pariwisata akan dikembangkan. Baik itu dalam format kawasan ekonomi khusus, kawasan terpadu, atau kawasan strategis pariwisata hingga tahun 2019.

Terkait KEK, Arief  mengatakan, leletnya birokrasi menjadi permasalahan dalam pembangunan KEK. Itu membuat investor masuk ke Indonesia itu amat sangat sulit dan menjadi tidak tertarik. “Di kawasan Asean itu lokasi yang atraktif adalah Thailand. Saat ini investor menyasar Vietnam,” ucapnya.



0 Komentar
Salin Tulisan