Rendezvous
PANCAKE
Legitnya kue dadar berbalur kayu manis
oleh : Hendra Gunawan | Senin, 11 Juli 2011 | 08:40 WIB
artikel dibaca sebanyak 2010 kali
0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 2010 kali
Salin Tulisan
Legitnya kue dadar berbalur kayu manis

Kelezatan pancake yang terkenal di daratan Eropa dan Amerika memang sudah bukan rahasia lagi. Di Indonesia, kue yang dipanggang di atas wajan bulat ini juga banyak penggemarnya, karena cocok dengan lidah orang kita. Apalagi, pancake bisa dikreasikan dengan banyak rasa.

Nah, untuk menikmati beragam varian pancake, Anda bisa datang ke Blueberry Pancake House. Restoran yang terletak di Hotel Cipta, Jakarta ini menawarkan berbagai macam pancake sejak tiga tahun lalu. "Di tempat kami, ada sekitar 15 menu pancake," kata Meidiana Fardiaz, Food and Beverage Manager Hotel Cipta.

Menurut Meidiana, kue dadar buatan Blueberry Pancake House merupakan perpaduan cita rasa Barat dan lokal. "Kami memberikan cita rasa lokal dari rempah-rempah Indonesia," ujar dia.

Ambil contoh, banana pancake. Sesuai namanya, pancake ini berlapis topping irisan pisang lokal dan es krim. Dengan kayu manis yang sudah diolah menjadi saus yang kemudian dilumurkan pada bagian atas es krim.

Pancake dengan cita rasa lokal, Meidiana bilang, tidak hanya disukai masyarakat kita, melainkan juga warga asing yang menginap di Hotel Cipta maupun yang sedang berplesiran di kawasan Jalan Jaksa. "Rahasianya, saus kayu manis kami bikin ketika pancake dipesan. Jadi, ketika disajikan benar-benar fresh," ungkap Meidiana mempromosikan dagangannya.

Awalnya coffee shop

Selain banana pancake, Anda juga bisa memesan pancake lain yang menjadi andalan Blueberry Pancake House, seperti Blueberry Pancake dan Chocolava Pancake. Bagi yang menyukai pancake dengan cita rasa asin dan gurih, bisa memilih roll asparagus yang di bagian atasnya diberi gulungan daging sapi berisi asparagus dengan taburan cream cheese.

Tak hanya pancake, resto ini juga menyediakan menu lain semisal sandwich, burger, pasta, dan steak. Makanan tradisional semacam sop buntut juga ada. Menu yang beragam tersebut, Hayanis A. Said, General Manager Hotel Cipta, menjelaskan, lantaran awalnya Blueberry Pancake House merupakan coffee shop bagi para tamu yang menginap di Hotel Cipta.

Tapi, November 2008 lalu, manajemen Hotel Cipta mengubah coffee shop tersebut menjadi Blueberry Pancake House. Tujuannya, agar pancake racikan hotel yang terletak di kawasan Menteng ini bisa dinikmati juga oleh pengunjung umum. "Sejak perubahan konsep itu, jumlah pengunjung di restoran ini naik sampai 200%," kata Hayanis.

Restoran ini juga sangat nyaman untuk Anda berlama-lama di situ. Dengan desain minimalis dan interior yang didominasi oleh ornamen kayu, Blueberry Pancake House bisa menampung pengunjung hingga 60 orang di bagian dalam dan sekitar 10 orang di teras. Mau mencicipi pancake ala Blueberry Pancake House, silakan saja datang kapan pun Anda mau. Sebab, restoran ini selalu membuka pintu 24 jam penuh.

Blueberry Pancake House
Jl KH Wahid Hasyim 53,
Menteng Jakarta Pusat
Telp. 021-3904701

Sumber Harian KONTAN, 8 Juli 2011


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 2010 kali
Salin Tulisan