Memandang hamparan pasir putih di pantai Sundak

Selasa, 17 November 2015 | 20:37 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Memandang hamparan pasir putih di pantai Sundak


GUNUNGKIDUL. Tidak hanya wisata sejarah dan budaya, Yogyakarta juga menawarkan beragam keindahan wisata alam.

Mulai dari gunung, bukit, gua, hingga pantai dapat ditemukan di Yogyakarta dengan keindahannya masing-masing.

Urusan wisata pantai, Gunungkidul adalah juaranya. Di Kabupaten ini berderet belasan pantai berpasir putih nan indah dan satu diantaranya adalah Sundak.

Hamparan pasir putih yang bersih dan deburan ombak dengan airnya yang jernih akan menyambut siapa saja yang menjejakan kakinya di pantai tersebut.

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Yogya.

Dari pusat kota Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Wonosari. Dari pusat pemerintahan Kabupaten Gunungkidul tersebut lanjutkan perjalanan menuju arah Pantai Baron.

Setelah pintu gerbang pantai Baron, belok kiri melewati jalur menuju Indrayanti. Pantai Sundak berada di barat Pantai Indrayanti.

Selam perjalanan anda akan disuguhi jalanan naik turun serta berkelok dan udara yang sejuk terasa.

Tak ketinggalan bentangan bukit bukit kart kecil serta ladang milik warga menambah indahnya pemandangan.

Setelah menempuh perjalanan, pengunjung akan disambut parkiran yang cukup luas saat tiba di lokasi pantai Sundak.

Dari area parkir menuju bibir pantai berjarak kurang lebih 50 meter. Sebelum tiba di bibir pantai terdapat lahan yang ditumbuhi beragam jenis pepohonon dan cukup rindang.

Sesampainya di pantai pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih akan langsung tersaji. Pantai Sundak memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dan karakteristik ombak yang cukup besar.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Di sisi kanan dan kiri pantai terdapat batu karang yang besar. Batu karang ini memisahkan Sundak dengan pantai yang lain.

Di area pantai terdapat sejumlah payung pantai lengkap dengan alas nya yang disewakan kepada pengunjung untuk menikmati indahnya pemandangan di pantai Sundak.

Selain bisa bersantai di pantai, pengunjung juga bisa bersantai di beberapa gazebo yang disediakan.

Menggelar tikar di bawah rindangnya pepohonon yang ada di sebelah pantai juga bisa menjadi alternatif pilihan bersantai.

Camping juga bisa menjadi pilihan lainnya untuk menikmati keindahan Sundak. Lokasinya yang tidak terlalu ramai menjadikan alasan Sundak sering dijadikan tempat camping.

Sejumlah warung tersedia di area pantai yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman. Salah satu makanan khas pantai ini adalah seafood goreng.

Terdapat beberapa warung yang menyediakan udang, cumi, teri, ikan kuthok lauk yang digoreng crispy.

"Seafood yang digoreng crispy, memang menjadi oleh-oleh khas Sundak. Tetapi olahan seafood lainya juga ada," ujar Asih, satu diantara penjual seafood di Sundak.

Untuk seafood goreng crispy, harganya antara Rp.20 ribu hingga Rp.25 ribu per seperempat kilo nya.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta tidak ada salahnya menikmati keindahan pantai Sundak sembari mencicipi lezatnya seafood khas Sundak. (Agung Budi Santoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru