HOME | Wisata |

TRAVEL

Mencicipi kopi Bondowoso di Kampung Kopi

oleh : Dupla Kartini | Rabu, 03 Mei 2017 | 12:03 WIB

Mencicipi kopi Bondowoso di Kampung Kopi

BONDOWOSO. Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menawarkan wisata Kampung Kopi kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama, bagi pecinta kopi yang ingin menikmati kopi arabika khas di Kota Tapai itu.

"Selain untuk menarik wisatawan yang sedang berlibur ke sejumlah destinasi Bondowoso, saat ini juga wisatawan tidak perlu bingung lagi untuk menikmati atau mencicipi kopi arabika (Java Ijen Raung)," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Pemkab Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Rabu.

Menurutnya, wisata Kampung Kopi lokasinya sengaja ditempatkan di Alun-Alun Bondowoso, tepatnya di depan kantor pemerintah kabupaten. Untuk sementara Kampung Kopi hanya dibuka pada minggu kedua dan minggu keempat (satu bulan dua kali).

Di Kampung Kopi menyajikan seduhan kopi arabika dengan berbagai jenis seperti ekspresso, blue mountain, blue ijen, robusta dan beberapa jenis kopi lainnya.

"Namun, jika ada event atau acara kegiatan pemerintahan, Kampung Kopi akan terus dibuka setiap hari dan dibuka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB," tutur Adi.

Kata Adi, Kampung Kopi itu tidak hanya menyajikan olahan atau seduhan kopi, tetapi kopi arabika mentah juga bisa didapatkan di belasan saung Kampung Kopi. Selain itu, wisatawan bisa menikmati dan melihat langsung cara pengolahan dari masing-masing pegiat kopi.

"Di stand-stand itu mereka berasal dari pegiat kopi dan pemilik kedai kopi maupun kafe, dan intinya ini salah satu tugas dinas pariwisata untuk memperkenalkan potensi yang ada di Bondowoso, salah satunya kopi arabika yang kini telah memiliki brand 'Bondowoso Republik Kopi'," imbuhnya.

(Novi Husdinariyanto/Zumrotun Solichah)

Sumber Antara