Mengenal search engine selain Google, DuckDuckGo aman dari pelacakan di internet

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 10:45 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengenal search engine selain Google, DuckDuckGo aman dari pelacakan di internet


SEARCH ENGINE - JAKARTA. Sebagian besar pengguna internet pasti menggunakan search engine atau mesin pencari Google. Tapi tahukah kalian ada mesin pencari yang lebih aman dari Google? Mari mengenal DuckDuckGo, sebuah mesin pencari yang aman dari pelacakan.

Tahukah Anda bahwa internet itu begitu luas? Saking luasnya mungkin kita bisa menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menjelajahi apa saja yang ada di internet.

Untuk mencari informasi di internet, umumnya kita menggunakan bantuan mesin pencari. Pada dasarnya ada beberapa mesin pencari yang umum digunakan.

Seperti Bing, Yahoo, hingga Google yang umum digunakan oleh banyak pengguna internet. Tetapi tahukah Anda bahwa ada mesin pencari atau search engine selain itu?

Memperkenalkan DuckDuckGo, sebuah mesin pencari yang memberikan rasa aman saat berselancar di internet.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita mengetahui terlebih dahulu kenapa harus berpindah ke DuckDuckGo.

Mengutip dari Komando.com, sebuah situs yang membahas keamanan di internet. Menjelaskan bahwa Google menjadi salah satu mesin pencari yang kurang aman.

Sebab Google melacak semua aktivitas yang kita lakukan di internet. Semua yang kita tuliskan lewat mesin pencarian Google tanpa Anda sadari telah dicatat.

Misalkan mencari laptop atau HP Android di Google. Setelah Anda mengetik kata kunci tersebut di Google, iklan yang muncul ketika internetan pasti tidak jauh dari itu.

Bahkan Google juga bisa melacak IP adress, lokasi, dan berbagai informasi lainnya. Khususnya apa saja yang kalian klik di internet ketika menggunakan Google dapat di lacak.

Nah, jika enggan apa yang Anda lakukan di internet di lacak oleh Google, bisa mencoba mesin pencari DuckDuckGo.

DuckDuckGo memberikan layanan mesin pencari yang privat. Artinya ketika Anda browsing di internet tidak aman dari pelacakan.

Cara menggunakan DuckDuckGo

Ketika menggunakan search engine DuckDuckGo, Anda bakal browsing secara privat. Jadi apapun yang Anda cari lewat DuckDuckGo mereka klaim bakal aman dari pelacakan.

Nah, bagaimana cara menggunakan DuckDuckGo?

Cara menggunakan DuckDuckGo cukup mudah, Anda bisa mengaksesnya langsung dengan mengunjungi situs. Atau menambahkan extension di browser, baik Google Chrome atau yang lainnya.

Tampilan situs DuckDuckGo

Untuk mengunjungi situsnya langsung Anda bisa akses melalui link di bawah ini:

https://duckduckgo.com/

Ketika mengakses situs di atas, Anda juga bisa langsung menambahkan extension di browser yang digunakan. Tinggal klik saja "Add DuckDuckGo to Chrome", maka Anda akan di arahkan langsung ke halaman extension untuk menginstallnya.

Selain itu pengguna HP Android dan iPhone bisa langsung download browser DuckDuckGo lewat PlayStore atau Appstore.

Meskipun begitu, tetap saja kita harus waspada. Kita tidak pernah tahu serentan apa informasi kita yang mungkin bisa tersebar di internet. 

Selanjutnya: 17 Aplikasi di HP Android terdeteksi berbahaya, apa saja?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru