Menggiurkan, intip cuan dibalik membludaknya permintaan sepeda lipat

Selasa, 07 Juli 2020 | 07:10 WIB   Reporter: Dityasa H. Forddanta
Menggiurkan, intip cuan dibalik membludaknya permintaan sepeda lipat


PRODUKSI SEPEDA - JAKARTA. Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding hobi yang bisa mendatangkan cuan. Hal ini diamini betul oleh Kusnanda, salah seorang pehobi sepeda yang mulai menjajal bisnis jual beli sepeda lipat rakitan.

Dia memulai usahanya tersebut belum genap satu bulan. "Sejauh ini sudah laku empat sepeda lipat," ujarnya kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Keempat sepeda lipat yang telah terjual itu berasal dari sejumlah merek luar negeri seperti Fnhon, Litepro, dan Mosso. Kebetulan, merek tersebut merupakan merek yang memang hanya memproduksi frame sepeda saja dari negeri asalnya, Taiwan.

Baca Juga: Hendak beli sepeda lipat? Simak dulu tips memilih sepeda lipat dari bos Element bike

Rentang harga yang dijual bervariasi. Mulai dari kisaran Rp 7,5 juta hingga yang termahal sekitar Rp 16 juta.

Semakin mahal semakin mumpuni kualitas dan spesifikasinya. Namun, bukan berarti Harga yang paling murah memiliki kualitas dan spesifikasi murahan.

Pemilihan komponen untuk spesifikasi sepeda lipat menjadi kunci yang Kusnanda terapkan dalam usahanya tersebut. Misalnya, dia menggunakan komponen transmisi sepeda atawa groupset dengan merek Shimano untuk sepeda lipat dengan harga jual yang lebih tinggi.

Harga komponen tersebut di pasaran sekitar Rp 1 juta. Harga segini sudah mendapatkan sepaket tuas pemindah gigi atau shifter beserta penarik rantai sepeda atau rear derailleur (RD).

Namun, harga tersebut belum termasuk gir belakang alias sprocket. Sprocket dengan mekanisme 10 percepatan memiliki harga paling murah sekitar Rp 400.000 di pasaran.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru