Menpar: Golf menjadi pemikat wisatawan datang ke Indonesia

Minggu, 15 Juli 2018 | 10:41 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Menpar: Golf menjadi pemikat wisatawan datang ke Indonesia

ILUSTRASI. Menteri Pariwisata Arief Yahya


GOLF - JAKARTA. Lebih dari 250.000 wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Indonesia untuk olah raga setiap tahunnya. Dari kedatangan wiaman tersebut, devisa yang didapat mencapai US$ 250 juta. Adapun salah satu olah raga yang diminati tersebut adalah golf.

Melihat banyaknya wisman yang tertarik dengan cabang olah raga ini maka diselenggarakan turnamen golf World Indonesia Golf Turnament (WIGHT) 2018 yang digelar pada Sabtu (14/7) di Royale Jakarta Golf Club. Turnamen golf ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata (Kempar) dengan Ikatan Alumni ITB class 80 (IA-ITB 80).

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, olah raga golf merupakan bagian dari sport tourism yang cukup efektif menarik wisatawan. Pasalnya, pertumbuhan jumlah pesertanya mencapai 10% petahun.
 
"Rata-rata 65% orang berwisata karena aspek budaya, 35% aspek keindahan alam, dan 5% hasil manmade dimana sport tourism masuk di dalamnya. Oleh karena itu, tahun ini kita harapkan ada peningkatan jumlah kunjungan wisman," kata Arief, dalam siaran persnya, Sabtu (14/7).

Guna lebih menarik minat peserta perhelatan ini, penyelenggaran turnamen golf tahun ini dipadukan dengan wisata budaya. "Salah satu budayanya adalah Tari Gandrung asal Banyuwangi dimana ini menjadi pertama kalinya turnamen golf dibuka dengan pertunjukan seni," ujar Bagus T Kartika, Ketua Penyelenggara WIGHT 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru