Menyelami keindahan taman laut Bunaken

Sabtu, 27 Mei 2017 | 16:30 WIB   Reporter: Handoyo
Menyelami keindahan taman laut Bunaken


ANDA penggemar wisata bawah laut? Bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan yang tepat. Destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara, ini merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup di tempat ini.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut karena taman laut ini berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, sampai Kepulauan Solomon.

Taman laut Bunaken termasuk kawasan air yang memiliki keanekaragaman spesies binatang atau biota laut yang tinggi. Di dasar laut terdapat terumbu karang dengan kontur keras juga lembut, dengan dinding karang yang curam.

Keanekaragaman hayati biota laut dapat dengan mudah ditemui di tempat ini. Seperti ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita serta berbagai jenis ikan lain.

Taman laut Bunaken mempunyai 20 dive spot atau titik penyelaman dengan berbagai tingkat kedalaman air laut yang beragam. Dari 20 dive spot itu, 12 titik penyelaman berada di sekitar perairan Pulau Bunaken. Salah satunya adalah Tawara yang merupakan titik penyelaman terpopuler dan favorit para penyelam. "Di sini, tempat snorkeling-nya bagus, karang-karangnya juga masih utuh dan belum rusak. Lautnya jernih dan masih alami," kata wisatawan asal Korea Selatan Kim Min Gyu.

Editor: Dupla Kartini

Terbaru