HOME| Wisata|

TRAVEL

Menyelami keindahan taman laut Bunaken

oleh : Handoyo | Sabtu, 27 Mei 2017 | 16:30 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Menyelami keindahan taman laut Bunaken

ANDA penggemar wisata bawah laut? Bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan yang tepat. Destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara, ini merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup di tempat ini.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut karena taman laut ini berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, sampai Kepulauan Solomon.

Taman laut Bunaken termasuk kawasan air yang memiliki keanekaragaman spesies binatang atau biota laut yang tinggi. Di dasar laut terdapat terumbu karang dengan kontur keras juga lembut, dengan dinding karang yang curam.

Keanekaragaman hayati biota laut dapat dengan mudah ditemui di tempat ini. Seperti ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita serta berbagai jenis ikan lain.

Taman laut Bunaken mempunyai 20 dive spot atau titik penyelaman dengan berbagai tingkat kedalaman air laut yang beragam. Dari 20 dive spot itu, 12 titik penyelaman berada di sekitar perairan Pulau Bunaken. Salah satunya adalah Tawara yang merupakan titik penyelaman terpopuler dan favorit para penyelam. "Di sini, tempat snorkeling-nya bagus, karang-karangnya juga masih utuh dan belum rusak. Lautnya jernih dan masih alami," kata wisatawan asal Korea Selatan Kim Min Gyu.


Bagi yang berkeinginan melakukan snorkeling atau diving tidak usah bingung dan repot. Banyak penyedia alat-alat selam yang bisa di sewa dengan harga yang terjangkau. Sewa perlengkapan snorkeling dibanderol dengan tarif Rp 150.000, sedangkan untuk sewa peralatan menyelam biayanya Rp 900.000.

"Melihat ikan dan karang laut di Bunaken dengan snorkeling membuat saya ingin kembali ke sana dan menyelam ke kawasan yang lebih dalam. Karena di sana masih banyak tempat yang sangat indah untuk dinikmati," kata Debby Sutriso, wisatawan asal Bandung.

Pemandangan atas laut

Selain pemandangan bawah air, pesona keelokan gugusan pulau-pulau yang berada di atas kawasan taman laut Bunaken juga tidak kalah indahnya. Beberapa pulau tersebut adalah pulau Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage dan Nain.

Untuk menjangkau ke kawasan wisata taman laut Bunaken sangatlah mudah. Dari bandar udara internasional Sam Ratulangi, perjalanan ke Bunaken ditempuh lewat jalur laut melalui pelabuhan Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Centre (NDC).

Wisatawan dapat menyewa kapal untuk menuju ke kawasan Bunaken. Ongkosnya sekitar Rp 1,5 juta per hari. Kapal bermesin ganda ini dapat ditumpangi sekitar 15 orang. Waktu tempuh perjalanan yang dibutuhkan dari pelabuhan hingga menginjakkan kaki kawasan Bunaken hanya sekitar satu jam.

Bagaimana, tertarik untuk merasakan keindahannya? 

 



0 Komentar
Salin Tulisan