Merah Putih berkibar di puncak Gunung Elbrus

Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:12 WIB Sumber: Kompas.com
Merah Putih berkibar di puncak Gunung Elbrus


RUSIA. Tak hanya di Indonesia, bendera Merah Putih juga berkibar di luar negeri tepatnya di Gunung Elbrus, Rusia. Kelompok pendaki gunung Fit@Fifty mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Elbrus, Rusia di Pos Barrel Hut yang berketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Prosesi pengibaran dilakukan pada pukul 06.00 waktu setempat atau 10.00 WIB. Salah satu anggota pendakian Gunung Elbrus dari Kelompok Fit@Fifty, Agung Sutiastoro mengatakan, keadaan di Gunung Elbrus pada saat upacara pengibaran bendera Merah Putih berangin dan bersuhu rendah.

"Hari ini tim sudah berangkat ke ketinggian 4.000-an tapi cuaca gak bagus. Akhirnya balik ke Barrel Hut. Suhu -5 derajat celcius," kata Agung kepada KompasTravel dari Gunung Elbrus, Rusia, Rabu (17/8) sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Agung mengatakan, upacara diikuti oleh 11 orang di Pos Pendakian Gunung Elbrus, Barrel Hut. Selain mengibarkan bendera Merah Putih, tim juga membacakan teks naskah proklamasi Indonesia dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Sebelumnya, tim Fit@Fifty berencana mengibarkan bendera di Puncak Gunung Elbrus di ketinggian 5.642 mdpl. Namun, tim terkendala cuaca buruk di Gunung Elbrus.

"Cuaca dari tanggal 16 Agustus sore memang hujan air dan es. Kadang turun sejam lalu berhenti lagi," ungkapnya.

Ia menyebutkan, satu tim pendaki sebelum tim Fit@Fifty juga gagal mencapai puncak Gunung Elbrus. Agung mengatakan, tim sempat bertemu di ketinggian 4.000-an mdpl dan mendapat informasi bahwa keadaan cuaca lebih buruk.
"Yang pasti hari ini tim sudah mencoba untuk upacara di puncak Gunung Elbrus dengan sedikit menyerempet risiko untuk menghormati bendera Merah Putih tapi apa daya alam tidak mengizinkan," pungkas Agung.

Selanjutnya, tim akan mencoba menuju ke Puncak Gunung Elbrus pada tanggal 19 Agustus 2016. Prakiraan cuaca hingga tanggal 18 Agustus 2016 masih terpantau buruk.

"Langit putih. Puncak Elbrus juga tidak kelihatan. Ada celah cerah tanggal 19 Agustus, Insya Allah kita coba ke puncak," jelasnya.

Sebelumnya, tim mulai menyesuaikan kondisi tubuh dengan medan pendakian atau aklimatisasi mulai tanggal 13 Agustus 2016. Tim Fit@Fifty melakukan pendakian Gunung Elbrus melalui sisi selatan.

Gunung Elbrus di Rusia tercatat sebagai dataran tertinggi di Benua Eropa. Gunung Elbrus juga termasuk tujuh gunung tertinggi di dunia. Tim Fit@Fitfy adalah sekumpulan pendaki asal Indonesia yang berusia di atas 50 tahun. Sebagian besar anggota tim Fit@Fifty merupakan anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI). (Wahyu Adityo Prodjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru