HOME | Tokoh |

MUHAMMAD FARHAN

Muhammad Farhan jadi newbie trialthon

oleh : Klaudia Molasiarani | Jumat, 19 Mei 2017 | 11:00 WIB

Muhammad Farhan jadi newbie trialthon

Status Muhammad Farhan, memang newbie. Tapi, enggak main-main, ia pendatang baru Sungai Liat Triathlon 2017, kejuaraan skala internasional di Kabupaten Bangka yang menggabungkan tiga cabang olahraga: renang, lari, dan sepeda.

Presenter dan penyiar radio ini ikut kategori Sprint. Farhan berenang di perairan lepas sejauh 750 meter, bersepeda sejauh 27 kilometer (km), dan berlari sejauh 5 km. “Buat seorang newbie kayak saya, sulit banget bisa finis. Itu semua butuh proses,” kata pria kelahiran Bogor, 47 tahun, ini.

Untuk menuju Sungai Liat Triathlon 2017 yang digelar 22 April, Farhan rutin berlatih sejak Januari lalu. Saban hari, secara bergantian ia melakukan olahraga yang berbeda. Misalnya, hari ini berlari, besok renang, lusa bersepeda.

Tak jarang, duta merek Batugin ini melakoni dua olahraga sekaligus dalam satu hari. Contoh, setelah bersepeda, dia lanjutkan dengan lari. “Tapi, dalam satu minggu ada satu hari saya tidak melakukan apa-apa,” ujar Farhan yang berlatih sendiri tanpa pelatih khusus.

Untuk renang, selain di kolam, Farhan juga berlatih langsung di laut. “Yang saya suka dari triathlon adalah prosesnya. Karena melibatkan tiga cabang olahraga, membutuhkan kemauan dan kegigihan dalam menjalani prosesnya,” ucap dia yang ikut triathlon untuk menggalang dana bagi Yayasan Cinta Anak Bangsa.