Murah, harga mobil listrik Toyotan terbaru ini hanya Rp 200-an juta

Senin, 28 Desember 2020 | 12:10 WIB Sumber: Kompas.com
Murah, harga mobil listrik Toyotan terbaru ini hanya Rp 200-an juta


HARGA MOBIL - Tokyo. Mobil listrik bakal semakin beragam tahun depan. Toyota mengeluarkan mobil listrik baru dengan harga murah.

Jelang akhir tahun, Toyota mulai agresif menghadirkan mobil-mobil listriknya. Paling terkini sebuah kendaraan listrik baterai ultra-kompak (BEV) yang diberi nama C pod meluncur di Tokyo, Jepang, pada 25 Desember 2020.

Mobil listrik mungil ini hanya bisa muat 2 orang dengan dimensi (PxLxT) 2.490 mm x 1.290 mm x 1.550 mm, dengan radius putar 3,9 meter. Dilansir dari laman Toyota Global, rencananya mobil listrik Toyota ini akan disiapkan untuk pasar fleet seperti korporat dan pemerintahan.

Sementara konsumen umum baru bisa memiliki mobil listrik C pod pada 2022. Dengan dimensi yang kecil, mobil listrik C pod tampaknya sengaja disiapkan sebagai alat mobilitas jarak dekat saja.

Baca juga: Pahami ciri-ciri ruam kulit yang menjadi gejala Covid-19 seperti dialami Dewi Perssik

Apalagi output yang dihasilkan oleh dapur pacu mobil listrik buatan Toyota terbilang kecil, dengan kecepatan maksimal 60 kpj. Dan jarak tempuh yang tergolong pendek, maksimal sampai 150 km saat baterai terisi penuh.

Di atas kertas, mobil listrik C pod dibekali motor listrik 1Rm (permanent magnet electric motor) bertenaga 9,2 kW atau setara 12 tk dan torsi 56 Nm. Mobil listrik ini mengusung penggerak roda belakang dengan baterai lithium-ion berkapasitas 9 kWh.

Waktu pengecasan mobil listrik C pod paling cepat sekitar 5 jam (200V/16A) untuk mode standar, dan paling lama 16 jam (100V/6A). Menariknya, mobil listrik mungil ini dapat digunakan sebagai genset darurat saat terjadi pemadaman listrik atau bencana alam, dengan kemampuan pasokan listrik hingga 10 jam.

Sementara itu, fitur-fitur mobil listrik ini juga terbilang lengkap. Tersedia dual airbag, ABS EBD, VSC, TRC, Pre-Collision Safety System, dan Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes.

Mobil listrik C pod akan tersedia dalam dua varian, yakni tipe X dengan harga 1.650.000 yen atau setara Rp 224 jutaan. Lalu mobil listrik  C pod tipe G dengan harga 1.716.000 yen atau setara Rp 233 jutaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Luncurkan Mobil Listrik Murah, Harga Mulai Rp 224 Jutaan",


Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

Selanjutnya: Ikan cupang seperti apa yang akan tren tahun 2021? Ini kata pakar

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru