Nyok, sikat masakan Betawi dapat suasananya

Sabtu, 02 Mei 2015 | 10:00 WIB   Reporter: Adinda Ade Mustami
Nyok, sikat masakan Betawi dapat suasananya


Tinggal di Jakarta, rasanya belum lengkap bila tidak pernah mencicipi masakan Betawi. Tapi, masakan khas Jakarta itu kini semakin jarang ditemui dan seakan tertutup oleh bayangan besar berbagai hidangan kuliner dari barat.

Nah, dari pilihan yang tak banyak itu, Ajag Ijig Resto layak dicoba. Resto yang menghadirkan menu khas betawi ini terletak di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat. Resto ini tak hanya menawarkan berbagai menu khas Betawi tapi juga menyuguhkan kenyamanan. Perpaduan konsep vintage dan modern yang disuguhkan di resto ini membuat pengunjung nyaman untuk berbincang santai sambil menikmati hidangan yang disuguhkan.

Tampak depan bangunan resto Ajag Ijig terlihat seperti bangunan Belanda. Saat Anda memasuki Ajag Ijig tampak meja kursi kayu ala betawi berpadu dengan dinding bata dan kayu. Ondel-ondel mini, kaleng kerupuk, dan beberapa botol berisi bir pletok yang menghias bagian kasir menambah kental suasana Betawi di resto milik artis Carissa Puteri ini.

Agar tetap ada kesan modern, Ajag Ijig juga menyediakan sofa empuk bagi pengunjung yang ingin bersantap sambil diiringi alunan musik yang memanjakan telinga.

Menurut sang pemilik, Ajag Ijig dihadirkan untuk mengingatkan sekaligus memperkenalkan berbagai makanan khas Betawi yang banyak yang dicari. Nama Ajag Ijig juga diambil dari bahasa Betawi yang artinya mondar mandir. "Kami berharap para tamu yang datang sering balik lagi ke restoran kami," kata Carissa.


Kenalkan masakan khas

Meski makanan apalagi kue-kue khas betawi sudah terbilang langka, Ajag Ijig milik Carissa ingin menawarkan harga yang terjangkau dengan rasa hidangan yang enak. Untuk makanan, Anda bisa mencoba Laksa Betawi di resto ini. Kuah santan gurih dan hangat mengguyur toge segar dipadu dengan ketupat empuk, bihun, oncom, potongan ayam, dan potongan telur rebus cukup membuat perut kenyang. Dengan beberapa sendok sambal, sensasi rasa gurih ditambah pedas menyegarkan lidah. Semangkuk Laksa Betawi ini cukup ditebus seharga Rp 36.000.

Supaya tambah segar, Anda bisa memesan segelas es teler. Kelapa serut, potongan nangka, dan alpukat dengan taburan es serut dan kuah manis yang pas bisa menghapus dahaga. Anda cukup merogoh kocek Rp 31.000 untuk segelas es teler.

Ajag Ijig juga menyajikan menu lain seperti soto Betawi, Sop Iga Kambing Toge Goreng, Sop Buntut, Nasi Bakar hingga Nasi Uduk Komplit dengan kisaran harga Rp 28.000-Rp 69.500 per porsi. Untuk cemilan, ada Kue Rangi, Kue Talam, Kue Lolos, Roti Maryam dan Rujak Serut dengan kisaran harga Rp 8.000-Rp 26.000. Anda juga bisa menemukan bir pletok, sekoteng dan es cendol dengan kisaran harga Rp 26.000-Rp 36.000 per gelas.

Bagi Anda pecinta kopi, Ajag Ijig juga menyediakan berbagai racikan kopi, seperti kopi tubruk, Espresso, Latte, Affogato, dan Long Black. Kisaran harga minuman kopi adalah Rp 18.000-Rp 31.000 per gelas. Anda penasaran? Silahkan mampir.          

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Adi

Terbaru