Pemilik Djarum tak tergoyangkan, ini 15 orang terkaya Indonesia 2021

Kamis, 08 April 2021 | 00:20 WIB Sumber: Forbes
Pemilik Djarum tak tergoyangkan, ini 15 orang terkaya Indonesia 2021


ORANG KAYA / TAIPAN -  JAKARTA. Daftar orang terkaya Indonesia terbaru versi forbes bulan April 2021 tidak banyak berubah. Wajah-wajah lama masih menghiasi daftar orang terkaya di Tanah Air, namun ada beberapa yang berubah posisi.

Mengutip, Real time billionaires, Rabu (7/4), posisi puncak orang terkaya Indonesia masih diduduki pemilik Grup Djarum. Robert Budi Hartono masih menjadi orang terkaya nomor satu Indonesia dengan nilai kekayaan US$ 18,5 miliar atau setara Rp 268,25 triliun (kurs Rp 14.500).

Kemudian di posisi kedua adalah saudaranya, Michael Bambang Hartono dengan total nilai kekayaan US$ 17,8 miliar atau setara Rp 258,10 triliun. Robert dan Michael adalah dua bersaudara pemilik mayoritas saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). 

Selain itu, keduanya juga memperoleh kekayaan dari kepemilikan perusahaan rokok Djarum. Kemudian sejumlah usaha elektronik lainnya dengan brand Polytron, real estate di Jakarta dan sejumlah bisnis lainnya juga di bawah kendali mereka.

Baca Juga: Jeff Bezos dan Elon Musk masuk daftar rekor miliarder top dunia versi Forbes

Prajogo Pangestu berada di-urutan terkaya ketiga di Indonesia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 6,6 miliar atau setara Rp 95,70 triliun, jauh di bawah nilai kekayaan Robert maupun Michael.

Prajogo adalah anak pedagang karet dan memulai bisnisnya pada akhir tahun 1970-an. Perusahaannya Barito Pacific Timber go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacifik setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007.

Pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang juga diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Dan pada 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Sri Prakash Lohia berada di-urutan keempat terkaya di Indonesia versi Forbes dengan nilai kekayaan US$ 6,4 miliar atau setara Rp 92,8 triliun. Kekayaan Sri Prakash sebagian besar berasal dari memproduksi PET dan petrokimia lainnya. 

Pada tahun 1970-an, ia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia dan mereka mendirikan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan ini banyak dimiliki para miliarder dunia yang jadi kunci sukses mereka

Orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes adalah Chairul Tanjung dengan nilai kekayaan US$ 4,3 miliar atau setara Rp 62,3 triliun.Chairul terkenal karena ia menerbitkan kartu kredit, mengoperasikan hypermarket dan menjalankan stasiun televisi.

Trans retail milik Chairul memiliki toko grosir dengan merek Carrefour dan Transmart.

Berikut 15 daftar orang terkaya terbaru Indonesia versi Forbes

Editor: Noverius Laoli

Terbaru