HOME | Manufaktur |

PT KRAKATAU STEEL

Penambahan kapasitas Krakatau Tirta sudah 90%

oleh : Agung Hidayat | Minggu, 13 Agustus 2017 | 20:14 WIB

Penambahan kapasitas Krakatau Tirta sudah 90%

KONTAN.CO.ID - Pada tahun ini PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) melalui anak usahanya, PT Krakatau Tirta Industri (KTI) berencana merampungkan penambahan kapasitas Danau Cipasaruan dan Krenceng. “Progress-nya sudah di atas 90%, ujar Direktur Keuangan KRAS, Tambok P Setyawati kepada KONTAN (13/8).

Kapasitas danau di Cipasauran kini 1.800 liter air per detik. Menurut Tambok, tambahan kapasitas 800 liter per detik saat ini sedang dalam proses. “Kebutuhan air industri terus meningkat karena semakin banyak pabrik baru di kawasan tersebut,” sebutnya.

KRAS mengklaim, ada ratusan perusahaan lain yang menggunakan air industri Danau Cipasauran. Dua di antaranya adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dan PT Mitsubishi Chemical Indonesia.

Berapa kontribusi KTI bagi KRAS? “Kontribusinya baik, dan tentu menyumbangkan profit dan dividen bagi KRAS,” katanya.

Menilik laporan keuangan semester satu 2017, segmen usaha lainnya tercatat memperoleh pendapatan US$ 32 juta. Jumlah tersebut sebesar 9% dari total pendapatan di separuh pertama tahun ini yang US$ 350 juta.

Usai meningkatkan kapasitas Danau Cipasauran, KRAS berencana membangun bendungan dengan kapasitas 750 liter air-800 liter air per detik. Namun, target operasional bendungan adalah tahun 2019.

Selain air, KRAS juga memiliki lini usaha pelabuhan. Usaha non baja tersebut diharapkan mampu tumbuh. KRAS menargetkan total pendapatan non baja tahun ini bisa mencapai 20%-30% dari total pendapatan keseluruhan.