Pengembangan empat Bali baru mulai tahun depan

Jumat, 17 November 2017 | 16:21 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pengembangan empat Bali baru mulai tahun depan


PAMERAN WISATA - JAKARTA. Pemerintah fokus pada percepatan pengembangan empat destinasi dari program 10 Bali baru yang sebelumnya ditetapkan yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo membahas pengembangan 10 Bali baru menjelaskan, semua yang terkait dengan masyarakat akan segera dituntaskan. Di antaranya adalah pembangunan homestay dan restoran yang modelnya disiapkan Kementerian Pariwisata, dan pembangunannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kemudian toko cenderamata akan digarap oleh Kementerian Perdagangan.

Presiden juga menginstruksikan untuk Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), harus dibuatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Center. Sehingga, keberadaan pelaku UKM bisa ditata secara baik.

"Besok saya akan ke sana melihat lokasi UKM, terutama bagi pedagang asongan. Nanti kami tempatkan, fasilitasi dan itu bagus dan akan dijadikan model. Di semua destinasi akan didulukan UKM dalam kawasan," tutur ," kata Arief Yahya dalam keterangan pers, Jumat (17/11).

Fokus pada empat destinasi ini bukan berarti tidak mengerjakan enam Bali baru lainnya. 10 Bali baru menurutnya tetap dikerjakan, tapi pembangunan homestay, restoran, toko cinderamata dan UKM center fokus pada empat lokasi itu terlebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru