HOME | Jasa & Transportasi |

PENERBANGAN

Perawatan pesawat Air Asia dipegang Air France

oleh : RR Putri Werdiningsih | Kamis, 08 Desember 2016 | 22:01 WIB

Perawatan pesawat Air Asia dipegang Air France

JAKARTA. Maskapai berbiaya hemat AirAsia baru saja menyepakati perjanjian kerja sama perawatan pesawat seri Airbus A320-neo dengan Air France Industries KLM engineering & Mainternance (AFI KLM E&M). Kesepakatan tersebut dilakukan karena AirAsia baru saja mendatangkan pesawat A320 Neo pertamanya pada 7 September 2016 lalu.

“Mengoperasikan armada pesawat generasi terbaru dalam skala besar membutuhkan dukungan pelayanan yang adaptif dan berkelas dunia, dan kami yakin AFI KLM E&M mampu menyediakan hal tersebut.” ujar CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12).

Selain perawatan kerja sama tersebut juga mencakup penyediaan suku cadang di fasilitas MRO milik AirAsia di Kuala Lumpur. Menurutnya selama ini ia sudah membuktikan layanan AFI KLM E&M pada pesawat seri A330 yang dioperasikan Air Asia X sejak tahun 2009 lalu. Rencananya kerja sama perawatan tersebut akan mencakup 304 pesawat lagi yang akan didatangkan.

Sementara itu Franck Terner, CEO Air France merasa sangat terhormat karena AirAsia kembali mempercayakan penanganan pesawat pada perusahaannya. Sebelumnya maskapai berbiaya hemat itu ternyata sudah sempat melakukan perpanjangan kesepakatan di tahun 2013.