Wisata
KEINDAHAN DI UJUNG BARAT
Pesona surga nan indah di ujung barat Indonesia
oleh : Umar Idris (Sabang) | Rabu, 11 April 2012 | 10:24 WIB
artikel dibaca sebanyak 3681 kali
0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 3681 kali
Salin Tulisan
Pesona surga nan indah di ujung barat Indonesia

Dua turis asing tampak asyik bercengkerama di sebuah kedai yang hanya berjarak 5 meter dari bibir Pantai Gapang. Mereka melepas lelah sambil meneguk air kelapa muda segar, sehabis menyelam di sekitar pantai itu.

Tidak jauh dari situ, ada empat cottage bernuansa kayu yang menjadi tempat bermalam para wisatawan asing dan lokal yang ingin menyelam di perairan Gapang. Tempat penginapan ini milik Lumba-Lumba Diving Center, salah satu resor penyelaman di Pantai Gapang.

Ya, Pantai Gapang yang ada di Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam, adalah salah satu surga bagi para penyelam (diver) terutama yang berasal dari luar negeri. Lokasi persisnya kira-kira memakan waktu satu jam perjalanan darat arah Barat dari Pelabuhan Balohan, Kota Sabang.

Tidak mengherankan, di sekitar pantai ini banyak resor penyelaman yang menyediakan fasilitas selam (diving) dan selam permukaan (snorkeling). Tersedia pula kapal yang siap mengantar para diver menuju titik-titik penyelaman di perairan Gapang.

Nama Gapang sendiri diambil dari keberadaan pohon gapang yang menjulang tinggi dan banyak tumbuh di sekitar pantai. Kerimbunan pohon ini menciptakan keteduhan di sekitarnya.

Selain indah luar biasa, perairan Gapang punya titik penyelaman yang unik. Namanya titik hydrothermal. Di titik penyelaman ini terdapat gelembung-gelembung yang berasal dari dalam perut bumi. Tentu saja, kehadiran buih-buih ini akan membawa sensasi tersendiri saat para diver menyelami keindahan di dalam laut.

Nah, untuk menikmati keindahan dan kehidupan di bawah laut, misalnya, Lumba-Lumba Diving Center menyediakan paket diving Rp 275.000 per orang. Paket ini sudah termasuk tabung gas, transportasi ke titik penyelaman, dan pemandu atau guide. Jika Anda ingin menyewa kostum dan perlengkapan diving, biayanya jadi Rp 330.000 per orang.

Selam untuk pemula

Oh, iya, Lumba-Lumba Diving Center juga memiliki paket penyelaman di malam hari, dengan tambahan biaya sebesar Rp 130.000 per orang. Namun, semua biaya tadi belum termasuk biaya kursus singkat dan praktik sebesar Rp 540.000 bagi diver pemula, lo.

Jadi, bagi Anda yang belum pernah menyelam, enggak perlu khawatir. Di sini para instruktur siap mengajari secara teori dan praktik sampai Anda bisa melakukan diving. Pengalaman KONTAN bersama tim Adira Beauty Expedition, pelajaran tersulit ialah mengeluarkan air yang masuk ke dalam kacamata selam atau diving mask saat berada di dalam air. Jika bisa melewati tahap ini, Anda akan diajak menyelam hingga kedalaman lima meter.

Di dalam perairan Gapang Anda bakal mendapat suguhan kehidupan biota laut yang sangat menawan. Ikan-ikan dengan kelir warna-warni hilir mudik di terumbu karang yang masih perawan. Ikan yang paling banyak dijumpai ialah ikan singa alias lion fish.

Tapi, bagi Anda yang tidak doyan menyelam, Pantai Gapang menawarkan keindahan eksotis. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut biru yang jernih. Jadi, Anda bisa membunuh waktu dengan berjalan menapaki pasir putih yang bersih atau bermain-main air pantai yang bening.

Pantai Gapang bukan satu-satunya tempat di Pulau Weh yang menawarkan keindahan nan menakjubkan. Masih banyak lokasi yang sedap dipandang mata. Sebaiknya Anda menyewa mobil untuk mengelilingi pulau di ujung barat Indonesia seluas 156,3 kilometer persegi ini. Tarif sewa mobil Rp 500.000 sehari sudah termasuk sopir dan bahan bakar.

Anda bisa memulai perjalanan dengan menyambangi Pantai Sumur Tiga yang ada di Timur Kota Sabang. Disebut Sumur Tiga lantaran di pantai ini terdapat tiga sumur yang berisi air tawar. Pasir pantai ini putih bersih, kontras dengan gradasi air laut yang berkelir biru muda menuju biru tua.

Jangan lupa mampir di rumah makan Freddie Rousseau. Dari sini, Anda akan mendapat view yang berbeda untuk menikmati Pantai Sumur Tiga. Rumah makan milik Freddie Rousseau, warga negara Rusia, ini ada di atas bukit yang membentengi Sumur Tiga. Memang, di Pulau Weh banyak resor maupun rumah makan milik warga negara asing. “Orang asing yang tahu wisata di Sabang sudah memanfaatkan peluang bisnis,” kata Supriadi, warga Balohan.

Setelah puas memanjakan mata di Pantai Sumur Tiga, penyusuran tempat-tempat yang memukau di Pulau Weh berlanjut ke Pantai Iboih. Di pantai ini, Anda juga akan menikmati pasir putih nan jernih dan air laut yang jernih. Saking beningnya, Anda dengan mudah bisa melihat aksi ikan singa wara-wiri di Pantai Iboih.

Tak sulit mencapai Pulau Weh. Dari Banda Aceh, Anda langsung menuju Pelabuhan Ulee Lheue atau Ule Le. Sebaiknya, untuk menyeberang ke Pulau Weh, Anda menumpang kapal cepat ketimbang kapal feri. Perjalanan dengan kapal cepat hanya makan waktu 45 menit, sedangkan kapal feri butuh dua jam. Ongkos kapal cepat antara Rp 40.000 sampai Rp 100.000 per orang tergantung dari kelas.

Soal menginap, Anda tak perlu risau. Di Pulau Weh banyak penginapan dengan tarif Rp 200.000–Rp 1,5 juta semalam. Ada losmen, hotel, hingga resor.

Yuk, ke Pulau Weh!

Sumber Mingguan KONTAN, Edisi 9 - 15 April 2012


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 3681 kali
Salin Tulisan