Rafflesia Gadutensis mekar di Hutan Lindung Boven

Jumat, 02 Desember 2016 | 15:17 WIB Sumber: Antara
Rafflesia Gadutensis mekar di Hutan Lindung Boven


BENGKULU. Satu bunga Rafflesia Gadutensis ditemukan mekar di habitatnya di kawasan Hutan Lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, berjarak 80 kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

"Kelopak bunga mulai membuka sejak kemarin dan diperkirakan mekar sempurna besok (3/12)," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Kabupaten Bengkulu Utara, Riki Septian saat dihubungi dari Kota Bengkulu, Jumat (2/12).

Habitat bunga langka itu dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari gerbang objek wisata air terjun Palak Siring, Kemumu sejauh 20 meter ke dalam objek wisata itu.

Anggota KPPL Bengkulu Utara menyiapkan pemandu untuk menuntun pengunjung menemukan habitat bunga tersebut.

"Pengunjung bisa memarkir kendaraan di dekat gerbang wisata lalu nanti dipandu menuju lokasi," ucapnya.

Riki menambahkan, lokasi bunga mekar berada di sekitar kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu.

Anggota KPPL Bengkulu Utara telah mengidentifikasi lima titik habitat bunga Rafflesia gadutensis di kawasan wisata Palak Siring tersebut.

"Ada lima lokasi yang dua bulan terakhir terus mekar bergantian. Sampai akhir tahun kami prediksi akan mekar bergantian," ujarnya.

Rafflesia gadutensis merupakan satu dari empat habitat bunga Rafflesia sp yang sudah teridentifikasi di kawasan hutan wilayah Bengkulu.

Selain Rafflesia gadutensis, ada tiga jeni lainnya yang sudah teridentifikasi yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti dan Rafflesia Bengkuluensis. Dari keempat jenis rafflesia tersebut, jenis Rafflesia arnoldii memiliki diameter terbesar mencapai 100 centimeter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru