​Ramai WNA lebih baik di Alas Purwo daripada Bali, ini penampakannya

Selasa, 19 Januari 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Ramai WNA lebih baik di Alas Purwo daripada Bali, ini penampakannya

ILUSTRASI. Taman Nasional Alas Purwo


WISATA - Belum lama ini media sosial Twitter diramaikan dengan unggahan seorang warga negara asing (WNA) yang telah tinggal di Bali selama hampir setahun. 

Dalam unggahan di akun twitternya @kristentootie, WNA yang bernama Kristen Gray itu mengajak turis asing lainnya untuk pindah ke Bali di masa pandemi Covid-19.

Dia menceritakan, awalnya ia berencana untuk tinggal di Bali selama enam bulan, tetapi pandemi membuatnya tak bisa pulang ke kampung halamannya. 

Selama di Pulau Dewata, ia mengaku bekerja di bidang desain grafis dan memiliki laman konsultasi bagi siapa pun yang ingin pindah ke Bali.

Warganet pun menanggapi unggahan tersebut dengan berbagai komentar. Salah satu akun Twitter @hydrococko yang menyarangkan agar Kristen Gray untuk tinggal di Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Sebab, lokasinya tidak jauh dari Bali dan penduduknya ramah. Cuitan tersebut pun menjadi viral dan telah di-retwit sebanyak 29,2 ribu kali.  Lantas, seperti apakah penampakan Alas Purwo di Banyuwangi? 

Baca Juga: Teriakan pengusaha hotel yang semakin tertekan

Alas Purwo, kaya flora dan fauna 


Taman Nasional Alas Purwo

Dikutip dari laman resmi Taman Nasional Alas Purwo, Alas Purwo memiliki luas areal 62.000 hektar dan pernah berstatus sebagai Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan. 

Namun, pada 1992, diubah menjadi Taman Nasional Alas Purwo pada tahun 1992 dengan luas 43.420 ha. Secara geografis Kawasan Taman Nasional Alas Purwo terletak ujung Timur Pulau Jawa wilayah pantai Selatan. 

Sementara, secara administrasi masuk wilayah pemerintahan Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan hutan yang mempunyai berbagai macam tipe ekosistem yang tergolong utuh di Pulau Jawa. 

Ekosistem yang dimiliki mulai dari pantai (hutan pantai) sampai hutan hujan  dataran rendah, hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan dan hutan tanaman. 

Baca Juga: Turki mulai laksanakan vaksinasi virus corona massal

Selain itu, keanekaragaman jenis flora darat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo termasuk tinggi. Terdapat lebih dari 700 jenis tumbuhan mulai dari tingkat tumbuhan bawah sampai tumbuhan tingkat pohon dari berbagai tipe/formasi vegetasi.

Tumbuhan khas pada taman nasional ini yaitu Sawo Kecik (Manilkara kauki) dan jenis yang dilindungi yaitu Sadeng (Livistoma rotundifolia).

Disamping kaya akan jenis-jenis flora, Taman Nasional Alas Purwo juga kaya akan jenis-jenis fauna daratan, baik kelas mamalia, aves dan herpetofauna (reptil dan amfibi). 

Sampai saat ini teridentifikasi 45 jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo. 

Baca Juga: Begini pandangan managing director Delimajaya group terhadap vaksin Covid-19

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru