Rekor dunia baru terpecahkan di cabang olahraga renang Asian Games

Rabu, 22 Agustus 2018 | 00:04 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Rekor dunia baru terpecahkan di cabang olahraga renang Asian Games

ILUSTRASI. Perenang China Liu Xiang


ASIAN GAMES - JAKARTA. Kejutan Asian Games terjadi di cabang olahraga renang. Perenang asal China Liu Xiang memecahkan rekor dunia baru untuk nomor 50 meter gaya punggung putri di laga final, Selasa (21/8).

Liu Xiang menorehkan catatan waktu 26,98 detik sekaligus merebut medali emas Asian Games di stadion Akuatik GBK. Tak hanya itu, Liu Xiang juga menjadi perenang perempuan China pertama yang mencatatkan sejarah yang mampu menembus rekor dunia baru di Asian Games.

Mengutip Kompas.com, di kesempatan lainnya, atlet renang Indonesia Aflah Fadlan Prawira mengaku puas dengan hasil yang dicapainya di nomor 400 meter gaya bebas putera cabang renang Asian Games 2018.

Fadlan finish di urutan 8 dengan mencatat waktu 3:53.01 yang merupakan rekor nasional baru. Sun Yang (China) meraih emas dengan catatan waktu 3:42.92, diikuti medali perak diperoleh Naito Ehara dari Jepang (3:47.14) dan Kosuke Hagino juga dari Jepang dengan 3:47.20.

Meski terpaut jauh, Fadlan mengaku puas dengan penampilannya malam ini. "Saya targetnya memang memperbaiki rekor nasional. Untungnya bisa tercapai," kata Fadlan, atlet asal Bandung ini.

Ia mengaku tidak terpengaruh dengan adanya nama-nama besar sebagai pesaing seperti Sun Yang mau pun Hagino. "Mereka punya target sendiri. Saya hanya berkonsentrasi kepada apa yang menjadi target saya," kata Fadlan.

Karena itulah sejak awal, Fadlan berenang dengan pace yang ia tentukan sendiri.  Berada di lintasan 8, Fadlan tidak terpengaruh dengan  pertarungan sengit di lintasan tengah antara Sun Yang dan dua perenang Jepang. "Saya  merasa lebih semangat tampil di depan para pendukung Indonesia," kata Fadlan lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru