Rekor MURI, 12.262 orang menarikan Tari Saman

Rabu, 16 Agustus 2017 | 11:24 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Rekor MURI, 12.262 orang menarikan Tari Saman


JAKARTA. Stadion Seribu Bukit Kota Blangkejeren, Gayo Leus dipenuhi ribuan orang. Bukan untuk bermain bola atau nonton konser band ternama, tetapi melakukan tarian khas Serambi Mekah, Tari Saman. Pagelaran "Tari Saman 10.001 Penari" yang digelar di Aceh ini bahkan mencapai 12.262 orang penari dan masuk catatan museum rekor Indonesia (MURI) sebagai penampilan Tari Saman dengan jumlah peserta terbanyak.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Pahlevi mengatakan, sebelumnya pada 2014, Tari Saman juga memecahkan rekor sama dengan jumlah penampilan 5.057 orang. Rekor tersebut dilakukan sebagai apresiasi setelah UNESCO menetapkan Tari Saman sebagai karya tak benda pada 2011 lalu.

"Gelaran ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Aceh bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gayo Leus. Setelah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, Saman bukan hanya milik warga Gayo Lues saja, tapi juga telah menjadi milik dunia. Maka mari kita jaga dan lestarikan bersama," ucap Reza.

Reza menjelaskan, Tari Saman merupakan salah satu tarian tradisional khas Tanoh Rencong. Tarian ini sudah menjadi salah satu seni tari yang dipelajari di sekolah-sekolah. Disamping itu, Tari Saman juga telah dikenal hingga di kancah internasional. Terbukti tarian tersebut telah dipertunjukkan hingga ke luar negeri.

Sementara itu, Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim berharap, adanya penyelenggaraan Tari Saman 10.001 Penari bisa menjadi bagian dari upaya dan komitmen Pemerintah Aceh untuk mengingat Syech Saman agar dapat memotivasi kalangan muda di Aceh.
.
"Pagelaran Saman 10.001 di Gayo Lues akan menggugah masyarakat, khususnya para remaja Aceh untuk selalu mengingat Syech Saman yang telah berhasil mengharumkan negeri melalui karya terbaiknya. Hal ini sekaligus membangun semangat dan cita-cita anak negeri sesuai dengan gerakan Saman yang dinamis dan enerjik," sebutnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Gelaran 10.001 Tari Saman yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar) Aceh. Arief sering berucap bahwa budaya itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan.

“Sudah saatnya pariwisata Aceh melalui atraksi Tari Saman bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Aceh. Sukses untuk Aceh, Salam Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia,” ucap Arief Yahya. dalam keterangan yang diterima KONTAN, Rabu (16/8).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru