Sail Sabang 2017 siapkan 19 yacht dan homestay

Jumat, 10 November 2017 | 21:28 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sail Sabang 2017 siapkan 19 yacht dan homestay


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Sail Sabang 2017 yang pembukaan dan acara puncaknya akan dihadiri Presiden Joko Widodo akan berlangsung di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3. Acara ini akan digelar pada 28 November hingga 5 Desember 2017.

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema ‘Trail of Sea Civilization’ ini merupakan event tahunan Sail Indonesia. Acara ini dimulai Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016) dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Sabang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

“Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favourit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (10/11).

Arief Yahya menjelaskan, tahun lalu tepatnya November, kapal pesiar (cruise) yang singgah di Sabang sebanyak 10 cruise dengan membawa 6.137 wisman

“Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang,” kata Arief Yahya.

Walikota Sabang Nazaruddin menjelaskan untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 telah dipersiapkan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan di antaranya dipersiapkan penginapan apung kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar.

Sementara itu untuk sarana transportasi udara dipersiapkan penerbangan ke bandara Sabang, dan transportasi laut antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah 2.400 penumpang serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Kegiatan Sail Sabang 2017 akan berlangsung di Teluk Sabang (untuk pembukaan dan puncak acara), serta Sabang Fair, Gapang Resort, dan Kilometer Nol (Km 0). Pada acara pembukaan ditampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati, serta sejumlah kegiatan lain seperti Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru