Serunya liburan 17 Agustus di Gunung Prau

Senin, 08 Agustus 2016 | 08:07 WIB Sumber: Kompas.com
Serunya liburan 17 Agustus di Gunung Prau


JAKARTA. Berencana liburan saat 17 Agustus nanti? Menikmati pemandangan pegunungan dengan cara mendaki bisa menjadi pilihan liburan.

Gunung Prau di Jawa Tengah adalah salah satu yang bisa memanjakan mata pendaki. Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl itu menawarkan panorama seperti Gunung Sindoro, Sumbing, awan-awan menggumpal, dan tentunya momen matahari terbit dan tenggelam.

Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Prau, Paulus Nugrahajati mengatakan, pendakian Gunung Prau tetap dibuka pada libur 17 Agustus. Ia menambahkan, pada 17 Agustus mendatang akan ada upacara pengibaran bendera di Puncak Gunung Prau.

"Sementara masih sporadis, belum ada kabar siapa yang memimpin. Hanya pendakian biasa dan upacara bendera di puncak," kata Paulus dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Rabu (3/8) siang.

Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno menyarankan bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau untuk tetap mengutamakan keselamatan. Terlebih cuaca di Gunung Prau, lanjutnya, cukup ekstrim dibandingkan bulan selanjutnya.

"Karena ini akhir-akhirnya lebih dingin. Persiapan fisik perlu diperhatikan, alat-alat pendakian yang lengkap. Karena kan di atas Gunung Prau kan gak boleh bikin api unggun dan selalu koordinasi dengan base camp ketika ingin mendaki," kata Herman saat dihubungi KompasTravel, Rabu (3/8).

Salah satu jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki untuk menuju Puncak Gunung Prau adalah Patak Banteng. Kemudahan akses, fasilitas, dan rute yang tidak terlalu sulit menjadi alasan untuk mendaki melewati rute tersebut dibanding jalur lain.

Jika melewati jalur Patak Banteng, pendaki cukup menempuh jarak sekitar empat kilometer atau jika ditarik garis lurus hanya berjarak 600 meter. Pendaki di Gunung Prau, dapat langsung tiba di area Puncak Gunung Prau dibandingkan jalur lain.

Adapun jalur-jalur pendakian Gunung Prau lain seperti jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal; Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. (Wahyu Adityo Prodjo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru