HOME | Tokoh | Belanja |

INVESTASI ALTERNATIF

Sidharta Auctioneer akan lelang lukisan Affandi

oleh : Tane Hadiyantono | Jumat, 17 November 2017 | 20:17 WIB

Sidharta Auctioneer akan lelang lukisan Affandi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tertarik berinvestasi pada lukisan? Ingin mencari karya Affandi dan Srihadi Soedarsono? Tak usah jauh ke balai lelang Sotheby maupun Christie di luar negeri, cukup cek kesediaan tanggal Anda karena dalam waktu dekat, Sidharta Auctioneer akan mengadakan dua acara pelelangan pada Desember ini.

Lelang pertama bertajuk Artfordable pada tanggal 3 December akan menjual sejumlah karya pendatang baru dan lukisan dalam rentang paling mahal hingga Rp 50 juta. Kedua, pada tanggal 10 Desember yang bertemakan fine arts dengan karya seni pelukis Indonesia pada level dunia.

Kurator sekaligus pemilik Sidharta Auctioneer Amir Sidharta menjelaskan, lelang, Artforable ini menyajikan karya-karya seni yang lebih terjangkau dengan harga yang lebih murah oleh pelukis muda dan senior.

Sejumlah karya yang akan dilelang pada acara itu adalah Ida Bagus Putu Purwa, Khadir Supartini, Nyoman Budiarta dan Kartika Affandi.

"Lalu ada lelang fineart, ini lelang yang mengkhususkan perupa Indonesia dan relatif lebih tinggi dan masing-masing perupa terkenal Indonesia akan muncul," jelas Amir saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (17/11).

Sejumlah karya pelukis besar yang akan hadir pada lelang fineart adalah Srihadi Soedarsono, Arie Smit, dan karya "Sabung Ayam" oleh Affandi.

Asal tahu saja, kisaran harga yang dipatok pada tiap lukisan cukup fantastis. "Misal Sabung Ayam" oleh Affandi diestimasikan bakal laku di Rp 80 - Rp 120 juta, "Di Depan Pura" oleh Arie Smit diestimasi di Rp 180 - Rp 270 juta dan "Siap Pentas" oleh Srihadi Soedarsono di Rp 18 - Rp 27 juta.