Sumenep berbenah demi turis asing

Jumat, 12 Januari 2018 | 21:33 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sumenep berbenah demi turis asing

ILUSTRASI. Kemenpar - Sumenep launching Visit and Calendar of Event Sumenep 2018 Interesting and Healthy


INDUSTRI PARIWISATA -  JAKARTA. Demi mengejar target kunjungan 15.000 wisatawan mancanegara, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah menyiapkan 32 event yang bakal digelar setiap bulan sepanjang 2018. Rencana ini sejalan dengan program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang makin serius menggarap Calender of Event tahun 2018 ini.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan ada 32 agenda wisata yang telah disiapkan itu terbungkus dalam Kalender Wisata Sumenep 2018. Sifatnya ada yang berskala lokal, nasional, hingga internasional.

Event itu antara lain mulai dari atraksi wisata bahari, kebudayaan, religi, alam, dan juga kesehatan. "Untuk mengawalinya, akan digelar Sumenep Mengukir pada 28 Januari 2018. Kegiatan ini melibatkan pengrajin seni ukir di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan. Kami melibatkan pengrajin seni ukir di Desa Karduluk, totalnya mencapai 600 orang dan pelaksanaannya di akhir bulan ini tepatnya tanggal 28 Januari 2018,” ujar Achmad Fauzi dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (12/1).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sofiyanto bilang untuk bisa mengejar target tersebut, selain event, pihaknya juga bakal melakukan pembenahan. Terutama dari sarana dan prasarana pendukung pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik langkah Pemda Sumenep. Dengan berbagai potensi yang ada, Menpar yakin Sumenep akan menjadi primadona baru pariwisata di Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya. Lantaran beragam potensi wisata. Mulai dari wisata alam, religi, budaya, sejarah, minat khusus, kuliner, geowisata dan lainnya. Ditambah lagi dengan komitmen kepala daerah yang sangat terbuka untuk pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru