Sunyata Wangsadarma : Melepas lukisan Affandi Rp 600 juta

Selasa, 20 September 2011 | 09:19 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 12 - 18 September 2011
Sunyata Wangsadarma : Melepas lukisan Affandi Rp 600 juta


Anda ingin mengoleksi salah satu lukisan terbaik Affandi dalam waktu dekat ini? Siapkan saja uang minimal Rp 600 juta. Sunyata Wangsadarma bakal melepas salah satu lukisan goresan maestro yang menjadi koleksinya itu.

Rencananya, Presiden Direktur PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk ini akan melelang lukisan yang judulnya enggan dia sebut terang-terangan tersebut di balai lelang Christie di Hong Kong pekan ini. “Harga penawaran mulai Rp 600 juta,” kata Sunyata yang mengaku membeli lukisan itu seharga Rp 300 juta.

Sebetulnya, ada satu lagi lukisan Affandi lain yang menjadi koleksinya, yaitu Skiing. Meski Christie pernah menawar karya pelukis asal Yogyakarta itu dengan harga Rp 1,5 miliar, dia tetap tidak melepasnya. Alasan dia, lukisan Affandi yang ia beli seharga Rp 200 juta itu sangat langka dan menjadi salah satu favoritnya. “Setiap hari saya selalu memandangi lukisan itu,” ujar Sunyata.

Selain Affandi, pria kelahiran Surabaya, 13 November 1956 ini juga mengoleksi lukisan karya maestro Indonesia lainnya Lee Man-fong serta lukisan goresan pelukis asing dari Filipina dan Korea Selatan. “Koleksi saya baru 300 lukisan,” ujar penyabet gelar Master of Arts dari Ohio University ini merendah.

Sunyata yang sudah 15 tahun mengoleksi lukisan biasa berburu dari satu balai lelang ke balai lelang lain. Untuk menebus satu lukisan, dia harus merogoh kocek antara Rp 100 juta hingga Rp 800 juta. Bagi dia, bisa memenangi lelang lukisan terbaik seorang maestro mendatangkan kepuasan.

Meski begitu Sunyata tak keberatan melego koleksinya kalau harganya sudah melambung tinggi. “Biasanya harga lukisan baru naik 10 tahun setelah saya beli,” beber dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru