HOME | Style |

TIPS HUNIAN

Tips bekerja di rumah agar lebih produktif

oleh : Rizki Caturini | Selasa, 16 Mei 2017 | 16:03 WIB

Tips bekerja di rumah agar lebih produktif

JAKARTA. Perkembangan teknologi membuat banyak aktivitas kini bisa dikerjakan hanya lewat laptop di rumah. Kondisi membuat banyak peluang bekerja di rumah terbuka lebar, contohnya saja seperti menjadi penerjemah, membuat toko online hingga bisnis kerajinan. Sistem bekerja di rumah yang lebih fleksibel ini kerap menjadi alternatif yang dipilih banyak wanita, apalagi ibu rumah tangga.

Namun jangan salah, bekerja di rumah memiliki tantangan sendiri, contohnya menjaga konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Kadang hal tersebut tidak mudah, lebih-lebih jika anak tiba-tiba rewel dan ingin bermain di luar. Agar bekerja dari rumah tetap produktif, berikut tips yang dapat Anda ikuti.

Bergaul dengan komunitas pekerja lainnya

Bekerja dari rumah, kita juga memerlukan support system. Melakukan pekerjaan ini bukan berarti harus melakukannya sendirian. Anda bisa memanfaatkan media sosial agar bisa membangun jejaring yang luas.

Coba berkenalan dengan orang-orang yang berada di luar sana yang mempunyai sistem kerja atau bisnis yang sama dengan kita. Sekarang ini ada begitu banyak komunitas di dunia maya yang dapat Anda ikuti. Tujuannya ialah, agar kita selalu memperoleh semangat dan motivasi saat bekerja.

Buat ruang kerja khusus di rumah

Konsentrasi bekerja di rumah pasti akan mudah buyar saat batas-batas ruang kerja tidak dibuat dengan cara khusus. Oleh sebab itu Anda harus memiliki sudut ruangan tersendiri yang dikhususkan untuk bekerja. Letakkan seluruh peralatan bekerja di ruangan tersebut. Area khusus untuk bekerja bisa membantu Anda untuk lebih fokus dalam bekerja. Pisahkan kepentingan pekerjaan dan kepentingan keluarga dengan baik.

Hindari multi tasking

Menghindari gangguan saat bekerja di rumah bisa lebih sulit bila dibandingkan dengan bekerja di kantor, karena ada berbagai macam hal yang tidak diduga di dalam rumah. kadang kita terpaksa harus mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu. Padahal, ini malah membuat kita menjadi semakin terbebani dan stres.

Ketika Anda bekerja, usahakan Anda untuk fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu yang sudah Anda buat sendiri. Atur waktu Anda dengan realistis untuk melakukan pekerjaan A, B, hingga C. 

Sumber: Rumahku.com

Sumber rumahku.com