Tour of Indonesia 2018 digelar bulan ini

Senin, 08 Januari 2018 | 12:00 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tour of Indonesia 2018 digelar bulan ini


OLAHRAGA - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya, bersama Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISI) Raja Sapta Oktohari akan menggelar Tour of Indonesia (ToI) 2018.

Penyelenggaraan balap sepeda internasional ini akan melintasi 10 kabupaten/kotamadya di tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Pagelaran ini akan berlangsung pada 25-28 Januari 2018 dengan start dari Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dan berakhir di Denpasar, Bali.

Event ToI 2018 memadukan olahraga balap sepeda tingkat internasional dengan pariwisata yang kali ini mengangkat tema The Ultimate Race is Back.

“ToI 2018 akan masuk dalam kategori 2.1, yang artinya gelaran ini harus memenuhi standar yang lebih tinggi dibandingkan kategori 2.2 seperti yang tercantum dalam regulasi UCI, sehingga Tour of Indonesia akan menjadi satu-satunya gelaran dengan kategori 2.1 di Indonesia,” kata Ketua Umum PB ISI Raja Sapta Oktohari dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (8/1).

Sapta mengatakan, ToI 2018 akan menghadirkan 17 tim yang terdiri atas tiga tim sebagai World Tour Team, dua tim sebagai Europe Continental Team dan 15 tim Asian Continental Tour Team. “ToI 2018 menjadi showcase pariwisata Indonesia serta sarana promosi yang efektif karena setiap etape yang akan dilalui dirangkai sedemikian rupa melewati obyek wisata untuk mempromosikan keindahan budaya dan panorama Indonesia,” kata Sapta Oktohari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi acara ToI 2018 yang akan mengawali pelaksanaan 100 premier event sebagai Calender of Event Wonderful (CoE WI) yang akan berlangsung selama satu tahun penuh pada 2018. “Tahun 2018 kita memiliki dua event besar yaitu Asian Games dan Annual Meeting IMF-WB akan menjadi momentum untuk mendulang banyak wisman serta mengenalkan destinasi wisata Indonesia,” kata Arief Yahya.

Selama 4 hari berlangsungnya ToI 2018 para pembalap akan unjuk kekuatan untuk menjadi juara dalam 4 etape. Etape pertama (25/1) akan mulai dari Magelang (Boyolali, Surakarta, Karanganyar) finish di Madiun sejauh 191 km. Kedua (26/1), mulai dari Madiun (Nganjuk, Jombang, Singosari) finish di Prigen 211km. Ketiga (27/1) start dari Probolinggo (Balangsari, Jember, dan Genteng) finish di Banyuwangi 198 km. Keempat (28/1) start dari Gilimanuk (Seritit, Bedugul, Badung) finish di Denpasar 155 km.

Sebanyak 17 tim yang akan ikut dalam ToI 2018 adalah Uae Team Emirates (Uni Emirat Arab), Bahrain Merida (Bahrain), Asiana Pro Team (Kazakhstan), Sangemini (Italia) dan Aviludo Louletano (Portugal) dan KFC Cycling Team (Indonesia), PGN Cycling Team (Indonesia), ACC Cycling Team (Indonesia), Terengganu Cycling Team (Malaysia), Team Sapura Cycling (Malaysia), Dishgaman Cycling Team (Iran), Tabriz Shahdary Team (Iran), LX Cycling Team (Korea Selatan), Kinan Cycling Team (Jepang), Thailand Continental Cycling Team Thailand), St. George Continental Cycling Team (Australia, dan Isowhey Sports Swiss Wellness (Australia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru