Tujuh kiat jitu lancar berbahasa Inggris dengan mudah

Selasa, 19 Januari 2021 | 19:43 WIB Sumber: Pressrelease.id
Tujuh kiat jitu lancar berbahasa Inggris dengan mudah

ILUSTRASI. English Academy by Ruangguru merupakan kelas live teaching bahasa Inggris berbasis online.


EDUKASI - Bahasa Inggris menjadi bahasa paling banyak digunakan di dunia. Saat ini Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir di seluruh institusi pendidikan di dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan bahasa Inggris tentunya sering kita jumpai di kehidupan sehari-sehari. Oleh karena itu, kita perlu mendalami bahasa Inggris sejak dini, tapi pernahkah kamu merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu gimana, sih, supaya fasih berbahasa Inggris? Yuk, simak tips-tips berikut ini.

1. Belajar dari film

Siapa yang suka nonton film? Nah, saat menonton film coba, deh, kalian ubah teks subtitle-nya. Jika kalian menonton film Indonesia, coba kalian tambah teks subtitle bahasa Inggris. Sebaliknya, jika kalian nonton film barat, kalian bisa tambah teks subtitle ke dalam bahasa Indonesia. Fungsinya untuk apa, sih? Saat kalian menonton film, kalian bisa sambil mendengarkan dan membaca teks subtitle. Penggabungan dua keterampilan tersebut dapat membantu mendukung kalian menerjemahkan kata per kata. Kalian juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu kalian terbiasa mendengarkan kosa kata dalam bahasa Inggris.

2. Dengarkan lagu dalam bahasa Inggris

Siapa yang suka mendengarkan lagu? Di zaman teknologi yang sudah maju ini, kamu bisa mendengarkan lagu kapan pun dan di mana pun hanya lewat aplikasi musik. Kamu bisa mendengarkan sambil mencari lirik lagu di browser kamu. Sambil mendengarkan, kamu pahami liriknya. Hal ini membantu kamu untuk memperkaya vocabulary.

3. Gunakan hobi sebagai sarana bercakap

Kalian bisa gunakan hobi kalian untuk berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Jika kalian senang bermain games, seperti Among Us atau Fortunite. Bergabunglah dengan forum yang berisi sekumpulan orang-orang luar yang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa coba mulai berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan keluarga atau teman-teman dekatmu. Meskipun belum fasih, tapi kamu tidak perlu khawatir! Semakin sering kamu berlatih, maka perlahan kamu akan mulai terbiasa dan lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

4. Gunakan ponselmu

Rata-rata dari kita, menghabiskan banyak waktu dengan ponsel atau perangkat elektronik lain. Cobalah untuk mengubah pengaturan bahasa ponsel atau perangkat elektronik kamu ke dalam bahasa Inggris sehingga pemberitahuan yang muncul akan diterima dalam bahasa Inggris. Hal yang sama berlaku juga untuk browser dan sosial media kamu. Jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa tambahkan bahasa Inggris sebagai penerjemah. Dengan begitu, kamu bisa memahami halaman yang kamu cari menggunakan bahasa Inggris lalu kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

5. Latihan di depan cermin

Siapa yang sering tidak pede ketika berbicara dalam bahasa Inggris? Hayo ngaku, deh, pasti kalian sering gugup dan grogi kalau ngomong pakai bahasa Inggris. Nah, solusinya adalah kamu harus rajin berlatih di depan cermin. Meskipun kamu masih terbata-bata, jangan takut! Semakin kamu berlatih, maka kemampuan berbicara kamu akan semakin lancar dan kamu tidak lagi grogi ketika harus berbicara dalam bahasa Inggris.

6. Carilah teman berbicara

Selain melatih diri di depan cermin, kamu bisa melatih kemampuan berbicara kamu dengan teman yang memiliki level yang sama atau bahkan lebih tinggi dari kamu. Kamu bisa mulai dengan perkenalan, lalu ajukanlah pertanyaan atau kamu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, jangan berharap untuk melakukan percakapan penuh di awal, lakukan semua perlahan. Kamu juga bisa berbicara dengan orang atau kerabat yang tidak paham bahasa Inggris. Kamu akan memiliki pengalaman berbicara namun tidak ada tekanan ketika kamu melakukan kesalahan dalam berbicara.

7. Ikuti kelas online bahasa Inggris di English Academy

Jika kamu butuh bantuan untuk memulai, kamu juga bisa belajar melalui kursus bahasa Inggris, salah satunya di English Academy by Ruangguru. English Academy merupakan kelas live teaching bahasa Inggris berbasis online. Di sini, kamu bakal diajarin oleh para pengajar (Master Teacher) yang berpengalaman dan ahli dari kalangan internasional maupun lokal. Yang bikin tambah seru, pelajaran bahasa Inggris di English Academy disampaikan secara interaktif dan efektif dengan menggunakan kurikulum berstandar internasional.

Nah, itu dia jurus jitu yang bisa kamu praktikan sendiri, ya! Jangan lupa untuk selalu banyak membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

Terbaru