HOME| Gadget|

TWITTER MASUK INDONESIA

Twitter: Kami hadir bukan hanya untuk jualan

oleh : Oginawa R Prayogo, Yura Syahrul | Kamis, 23 Oktober 2014 | 10:07 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Twitter: Kami hadir bukan hanya untuk jualan

JAKARTA. Dalam beberapa bulan ke depan, Twitter akan membuka kantor di Jakarta. Berbeda dibandingkan kantor-kantor Twitter di negara lain, kantor di Jakarta tak cuma berfungsi untuk penjualan. Maklum, Twitter juga ingin bekerjasama dengan media massa, para pengiklan dan banyak tokoh di negara ini.

Bagaimana persiapan Twitter sampai saat ini? Berikut penuturan Rishi Jaitly, Market Director Asia Selatan & Tenggara Twitter, kepada wartawan KONTAN, tiga pekan lalu.

KONTAN: Bagaimana penilaian Anda terhadap pengguna Twitter di Indonesia?
RISHI: Rasa kepedulian masyarakat Indonesia sangat tinggi. Apalagi, berbagi dengan orang banyak sudah menjadi suatu budaya. Tak heran, penggunanya suka berkicau (twit) tentang semua peristiwa melalui Twitter. Mulai dari album baru, isi sebuah artikel, peristiwa tertentu, liburan, dan lain-lain. Jadi, nilai Twitter bagi Indonesia sangat besar.

KONTAN: Apa rencana yang mau dijalankan?
RISHI: Kami berusaha membuat Twitter lebih mudah digunakan untuk semua orang Indonesia dan memberikan nilai tambah. Sebab, kami menyadari pengguna merupakan mesin dari layanan itu sendiri.

Pertama, bekerjasama dengan media massa di negara ini untuk menggunakan lebih banyak data, matriks, dan grafik yang bersumber dari Twitter. Layanan Twitter Analytics menyediakan analisis data secara visual yang bisa diakses oleh semua pengguna Twitter.

Selain data, kerjasama dengan media massa untuk menyampaikan pesan secara luas kepada masyarakat atau para pembaca. Misalnya, jika terjadi situasi darurat, seperti banjir, maka bisa cepat mengirimkan informasi tersebut kepada penonton/pembaca/pelanggan mereka.

KONTAN: Ada lagi rencana yang lain?
RISHI: Twitter hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pengguna atas berbagai macam hal. Contohnya, soal kondisi lalu lintas. Dari semua orang yang saya temui sepanjang perjalanan dari bandara ke hotel, banyak yang memantau trafik lalu lintas melalui Twitter. Jumlah pengikut akun @tmcpolda sebanyak 2,7 juta pengguna. Itu sangat mengagumkan.

KONTAN: Bagaimana persiapan pembukaan kantor di Jakarta?
RISHI: Kantornya akan besar dengan karyawan dalam berbagai fungsi, seperti media relationship, business development, dan tenaga sales. Jadi, kami hadir bukan hanya berjualan, namun juga untuk mengikat  pengguna, dan media sebagai mitra. Indonesia akan menjadi kantor kedua kami di Asia Tenggara setelah Singapura, dan menjadi kantor keenam di Asia.



0 Komentar
Salin Tulisan