3 Cara mudah merawat Monstera

Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara mudah merawat Monstera

ILUSTRASI. Monstera adalah jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat.


HOBI - JAKARTA. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda miliki, salah satunya adalah Monstera. Monstera adalah jenis tanaman hias yang cukup mudah untuk dirawat. Tanaman hias dengan daun lebar dan indah ini memiliki kebutuhan cahaya yang fleksibel. Jadi, tidak akan kesulitan untuk merawatnya.

Karena termasuk dalam jenis tanaman tropis, Monstera cukup sulit dirawat di daerah dingin. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Plant Care for Beginners (plantcareforbeginners.com) memberikan beberapa tips mudah merawat Monstera.

Baca Juga: 5 cara mudah mengobati asam lambung secara alami

Kebutuhan Cahaya

Anda bisa merawat Monstera dengan meletakkannya di tempat yang terang, tapi tidak terkena cahaya matahari langsung. Tempat di bawah pohon besar bisa Anda jadikan pilihan untuk menempatkan Monstera. Hindari meletakkan Monstera di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat daunnya terbakar.

Anda bisa meletakkan Monstera di tempat yang redup. Namun, kurangnya cahaya matahari membuat pertumbuhannya melambat. Jika daun Monstera menguning, Anda perlu memindahkan Monstera dengan cahaya yang lebih banyak.

Menyiram Monstera

Karena termasuk jenis tumbuhan tropis, Monstera lebih senang dengan kondisi tanah yang basah. Anda bisa menyiram Monstera setiap tanah bagian atas terlihat kering.
Jika 5 cm tanah bagian atas kering, maka Anda harus menyiram Monstera.Plant Care for Beginners mengingatkan agar tidak membiarkan tanah Monstera kering terlalu lama. Jika hal itu terjadi, daun-daun Monstera bisa rontok.

Hal lain yang bisa dijadikan penanda bahwa Monstera Anda membutuhkan air adalah bagian tepi daun menjadi kering dan berwarna cokelat. Namun, jika Anda terlalu banyak dan terlalu sering menyiram Monstera, warna daunnya akan menguning.

Baca Juga: 3 manfaat makanan yang mengandung curcuma

Jenis Tanah

Monstera menyukai tanah yang lembab, tapi tidak bisa berada di tanah yang basah. Anda bisa menggunakan jenis tanah well-drained untuk memenuhi kebutuhan Monstera. Pemilihan pot juga penting untuk dilakukan.

Pilihlah pot dengan bagian bawah yang berlubang untuk menghindari pengendapan air. Hal ini dilakukan agar Monstera tidak terlalu banyak menyimpan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru