4 Cara melatih kecerdasan emosional anak dengan sederhana dan mudah

Selasa, 15 September 2020 | 14:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Cara melatih kecerdasan emosional anak dengan sederhana dan mudah

ILUSTRASI. 4 Cara melatih kecerdasan emosional anak dengan sederhana dan mudah.


PARENTING -  Kebanyakan orangtua sering mementingkan kecerdasan intelektual (IQ) dibanding kecerdasan emosional (EQ). IQ memang penting bagi buah hati. Tapi, EQ juga penting dalam menentukan kesuksesan anak. 

Melansir dari Today’s Parent, kecerdasan emosional sangat dibutuhkan terutama saat bekerja. Kebanyakan perusahaan mencari kandidat yang mampu mengolah emosi dengan baik. 

Kecerdasan emosional bersinergi dengan kecerdasan intelektual. Jika kecerdasan emosional anak berkembang baik, maka IQ juga akan menonjol. 

Maka dari itu, EQ mengambil peran yang sama pentingnya dalam kesuksesan anak. Meningkatkan kecerdasan emosional pada buah hati penting dilakukan sejak dini. 

Baca Juga: 5 Makanan untuk kecerdasan otak anak, wajib dikonsumsi buah hati

Cara melatih kecerdasan emosional pada anak cukup mudah. Berikut kiat-kiatnya yang dirangkum KONTAN.co.id dari Very Well Family dan Firstcry Parenting

  • Memberikan pengetahuan tentang emosi 

Cara melatih kecerdasan emosional pada anak yang pertama melalui pembelajaran emosi. Berikan penjelasan tentang macam-macam emosi yang dimiliki manusia.

Semisal, saat anak marah, Anda bisa menjelaskan bagaimana marah itu. Jelaskan juga bagaimana reaksi tubuh saat marah seperti jantung berdebar dan ingin berteriak. 

Selain menjelaskan tentang jenis emosi, tambahkan juga cara mengendalikan emosi yang negatif. Saat marah, misalnya, tidak boleh merusak barang atau berkata yang menyakitkan hati. 

Baca Juga: 5 Cara ampuh meningkatkan kecerdasan anak yang mudah diterapkan orangtua

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru