5 Film kartun yang pas untuk anak, banyak pelajaran baiknya

Minggu, 06 Desember 2020 | 05:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Film kartun yang pas untuk anak, banyak pelajaran baiknya


FILM -  Mendidik anak tidak haru mengguankan cara yang tegas dan kaku. Film kartun bisa menjadi media yang pas dalam mendidik buah hati.

Beragam film kartun baik dalam dan luar negeri bisa dinikmati oleh anak-anak. Film-film tersebut banyak mengandung nilai-nilai positif yang bisa dicontoh buah hati. 

Momen menonton film bisa menjadi media mempererat hubungan selain media pembelajaran. Meskipun film kartun, ada baiknya Anda tetap mendampingi anak saat menonton. 

Hal ini bisa memudahkan mereka memahami alur cerita jika ada yang tidak dipahami. Berikut film kartun yang mendidik dan bisa dinikmati bersama.

Film kartun untuk anak - Zootopia

Zootopia

Film kartun buatan Walt Disney Pictures ini menceritakan kisah para hewan yang bertindak seperti manusia. Film kartun yang mendidik ini mengisahkan Judy Hopps, kelinci yang bercita-cita menjadi seorang polisi.

Meskipun banyak yang meremehkan mimpi Judy, tetapi ia terus berusaha untuk mewujudkannya. Sikap pantang menyerah Judy dan selalu optimis bisa menjadi contoh yang baik.

Saat menonton film kartun yang mendidik ini, Anda bisa menjelaskan sifat positif yang harus dimiliki. Jelaskan juga sifat-sifat yang harus dihindari.

Film kartun untuk anak - Inside Out

Inside out

Film kartun yang mendidik selanjutnya adalah Inside Out. Film ini menggambarkan bagaimana emosi seseorang berjalan melalui beberapa karakter. 

Joy yang menggambarkan kebahagiaan, Sadness untuk rasa sedih, dan Fear untuk ketakutan. Kemudian ada Anger untuk amarah serta Disgust melambangkan ke tidak sukaan. 

Film ini mengajarkan bagaimana seluruh perasaan saling berkaitan. Perasaan tersebut dibutuhkan oleh semua manusia. Kerjasama dalam tiap karakter memunculkan suatu keseimbangan bagi manusia. 

Nilai yang bisa diajarkan dari film kartun ini adalah pengendalian emosi. Selain itu bekerja sama juga menjadi poin penting yang bisa dipetik oleh buah hati.

Film kartun untuk anak - Coco

Coco

Coco adalah film buatan Pixar yang berlatar belakang kehidupan masyarakat Meksiko. Menceritakan kisah Miguel, anak laki-laki yang gigih meraih mimpinya meski keluarga menentang.

Film kartun yang mendidik ini mengajarkan agar anak terus gigih meraih mimpi. Coco juga mengajarkan bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga.

Ada nilai kejujuran yang bisa diambil dari film ini. Jika tidak jujur akan ada banyak masalah yang datang di kehidupan kita.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru