5 Hal yang perlu diketahui tentang wisata kapal pesiar

Senin, 03 Desember 2018 | 15:03 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
5 Hal yang perlu diketahui tentang wisata kapal pesiar

ILUSTRASI. Kapal pesiar Princess Cruises


WISATA - JAKARTA. Wisata kapal pesiar semakin menjadi pilihan liburan populer bagi wisatawan di seluruh dunia. Sepanjang tahun ini saja sudah ada 372 kapal pesiar dari semua jalur pelayaran yang mengunjungi pelabuhan di Indonesia.

Jumlah tersebut meningkat 100% dari kunjungan tahun lalu.  Di tahun 2017 saja ada 46.700 wisatawan dari Indonesia yang pergi berlayar menggunakan kapal pesiar, meningkat 40,2% dari tahun 2016 yang berjumlah 33.200 orang.

Hal itu membuat Princess Cruises, perusahaan wisata kapal pesiar yang dianugerahi penghargaan “Best Cruise Line in Asia’ ini percaya pasar wisata pesiar di Indonesia masih akan terus meningkat.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata di atas kapal pesiar, penting untuk melengkapi diri Anda dengan pengetahuan benar dan tepat tentang wisata pesiar.

Farriek Tawfik, Direktur Asia Tenggara, Princess Cruises mengatakan, setiap wisatawan harus mencari tahu semua informasi penting yang diperlukan tentang destinasi, fasilitas, serta elemen pesiar jelajah lainnya sebelum mereka pergi berpesiar.

"Kami sendiri selalu memastikan bahwa para tamu kami mendapatkan semua informasi penting tersebut, sehingga bisa membantu wisatawan dalam membuat keputusan tepat dalam memilih paket wisata pesiar yang cocok dengan selera dan kepribadian mereka,” kata Farriek, Senin  (3/12).

Berikut ini lima pertanyaan yang perlu Anda cari tahu jawabannya sebelum melakukan perjalanan wisata pesiar:

1. Apa sajakah yang termasuk di dalam biaya pesiar saya?

Sebelum memulai pelayaran, Anda harus memastikan fasilitas dan akomodasi apa saja yang disediakan oleh perusahaan kapal pesiar.

Hal ini penting agar perjalanan Anda benar-benar mengesankan. Di Princess Cruises sendiri, dalam setiap biaya pelayaran yang dibayar oleh wisatawan sudah mencakup semua akomodasi yang diperlukan, seperti makanan yang tersedia sepanjang hari lengkap dengan ruang makan khusus, layanan kamar 24 jam dan hiburan.

Selain itu, masih banyak lagi rangkaian kegiatan menarik tak terbatas lainnya, mulai dari kelas Zumba hingga pengalaman bernama ‘Movies Under the Stars’, yakni pemutaran film laris terbaru di tepi kolam renang.

Dengan begitu, Anda benar-benar dapat menghemat biaya  dengan melakukan pelayaran dibandingkan dengan liburan darat, karena tidak perlu membayar tiket pesawat, kereta api, atau taksi untuk membawa Anda dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

2. Bagaimana cara memilih kamar yang tepat?

Anda juga harus memastikan dan mencari tahu informasi tentang fasilitas kamar yang disediakan di kapal pesiar. Pasalnya, kamar merupakan ruang privat yang sangat dibutuhkan para tamu untuk beristrahat, sehingga harus dibuat senyaman mungkin.

Di Princess Cruises, kabin oceanview dan interior dapat menampung dua hingga empat tamu. Kamar tersebut juga menawarkan nilai pengalaman terbaik bagi wisatawan. Untuk grup dan keluarga, Princess Cruises menghadirkan kenyamanan dengan menghubungkan kabin dan family suites, yang dapat menampung empat hingga delapan tamu.

Balkon kamar dan suite pun tersedia. Semua kabin dilengkapi dengan Princess Luxury Bed, tempat tidur pertama dan satu-satunya di dunia yang dikembangkan secara khusus oleh dokter ahli tidur untuk industri pelayaran, guna memastikan bahwa para tamu mendapatkan pengalaman tidur ternyenyak selama berada di tengah laut.

3. Bagaimana cara agar tidak mabuk laut?

Melakukan perjalanan di laut tentu berbeda dengan di darat. Selama berlayar kapal bakal sering goyang karena ombak laut. Nah, bagi Anda yang jarang berlayar, tentu berisiko mabuk laut.

Kapal Princess Cruises, yang pada umumnya berukuran raksasa dengan kapasitas tampung rata-rata 2.000 hingga 3.500 tamu, dilengkapi dengan teknologi terkini dan stabilisator modern yang sangat membantu dalam mengurangi gerak, bahkan dalam cuaca buruk sekalipun.

Namun, jika Anda memang benar-bena rentan mabuk laut, Anda dapat memesan kabin yang terletak di bagian tengah kapal yang cenderung memiliki gerakan paling rendah. Anda juga bisa mendapatkan plester perekat obat yang bisa ditempelkan di belakang daun telinga, atau Sea-Bands yang dikenakan di pergelangan tangan. Solusi lainnya adalah untuk mengonsumsi permen jahe dan apel hijau.

4. Perlengkapan apa yang harus dikenakan?

Pakaian santai cocok untuk digunakan selama di laut dan darat, terutama di iklim yang lebih panas. Sebaiknya Anda juga perlu membawa sweater, jaket atau mantel segala cuaca untuk malam yang sejuk, dan untuk wisata pantai, tergantung tujuan atau destinasi Anda.

Untuk acara makan malam, Anda dapat membawa pakaian yang akan Anda kenakan ke restoran pada umumnya, yaitu rok atau gaun, celana panjang, dan sweater untuk wanita. Sementara pria bisa mengenakan celana dan kemeja kerah terbuka.

Paket wisata pesiar dengan durasi lima hari atau lebih setidaknya memiliki jadwal satu pengalaman makan malam formal. Karena itu disarankan untuk menyiapkan pakaian formal untuk wanita dan jas untuk pria.

5. Apakah ada akses telepon dan internet?

Princess Cruises memiliki teknologi di atas kapal pesiar yang menawarkan fasilitas telepon dan paket berinternet yang dapat dibeli di atas semua kapal melalui Kafe Internet 24 jam dan WiFi.

Segera hubungi agen perjalanan favorit Anda atau kontak nomor Toll Free 007-803-651-0004 atau kunjungi situs www.princess.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru