5 Pertanyaan cerdas ini bisa Anda tanyakan saat interview kerja

Rabu, 07 Oktober 2020 | 08:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Pertanyaan cerdas ini bisa Anda tanyakan saat interview kerja


MENCARI KERJA -  Pertanyaan ini sering diberikan di akhir interview kerja. "Apa ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan?" 

Sayangnya jarang para pencari kerja yang memanfaatkan kesempatan ini. Mereka biasanya menjawab tidak karena bingung ingin menanyakan apa. 

Padahal ada banyak yang bisa Anda gali tentang posisi dan perusahaan yang dilamar. Jawaban-jawaban dari recruiter bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana kelak Anda bekerja. 

Dari pertanyaan yang diajukan juga terlihat antusiasme Anda pada perusahaan. Dari hal ini Anda bisa memberikan kesan baik dan nilai positif pada recruiter. 

Pertanyaan yang diajukan tidak boleh sembarangan. Asal bertanya justru membuat Anda terlihat tidak baik. 

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa diajukan saat interview. Daftar ini dihimpun KONTAN.co.id dari Business Insider dan The Balance Career.

  • Bagaimana penilaian terhadap kinerja karyawan?

Pertanyaan ini bisa memberi gambaran penilaian kinerja karyawan. Anda bisa mengetahui aspek-aspek apa yang membuat seorang karyawan sukses di perusahaan tersebut. 

Jika sudah diterima, Anda sudah satu langkah lebih siap dibanding karyawan baru lainnya. 

pertanyaan interview kerja

  • Apakah ada jenjang karir posisi yang saya lamar?

Setiap orang pasti ingin karirnya meningkat, terlebih jika sudah bertahun-tahun bekerja. Jika Anda berniat untuk berkarir lebih lama di perusahaan, pertanyaan ini harus ditanyakan. 

Dengan pertanyaan ini Anda juga menunjukkan semangat untuk berkembang dan maju. Anda juga termotivasi untuk terus mengembangkan diri kelak jika sudah diterima bekerja. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru