5 Tips agar magang online lebih produktif

Kamis, 05 November 2020 | 15:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips agar magang online lebih produktif

ILUSTRASI. 5 Tips agar magang online lebih produktif dari Ditjen Dikti.


PERGURUAN TINGGI -  Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, kebijakan bekerja dari rumah dilakukan oleh banyak perusahaan. Hal ini termasuk juga magang untuk mahasiswa yang dilakukan secara online tahun ini. 

Work from home atau bekerja dari rumah dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

Magang secara daring pun dilakukan karena alasan yang serupa. Mahasiswa tingkat akhir yang mengambil magang pun kebanyakan melaksanakannya secara online.

Magang online kadang membuat mahasiswa lebih santai. Namun demikian, tidak jarang yang mengeluh karena tidak bisa beradaptasi dengan magang daring. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud memberikan tips agar magang online tetap produktif. Melalui unggahan di akun Instagram (2/11/2020), Ditjen Dikti membagi tips agar tetap produktif selama magang online. 

Baca Juga: Calon mahasiswa, ini 8 jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia 2021

Berikut tips agar Anda tetap produktif meski sedang magang secara online dari Ditjen Dikti: 

  • Membuat jadwal kerja

Magang online membuat mahasiswa tidak bisa bertanya jika ada kesulitan. Terlebih, mereka harus terbiasa dengan ritme kerja dari tempat magang. 

Untuk memudahkan adaptasi, buatlah to-do-list dan jadwal kerja. Tempelkan jadwal tersebut agar Anda selalu ingat dengan tugas Anda. 

  • Beraktivitas seperti magang offline

Biasakan diri Anda untuk mengikuti jam kantor. Meskipun Anda di rumah, cobalah untuk disiplin dengan jadwal dari kantor. 

Tanamkan mindset bahwa sekarang Anda bekerja di kantor bukan dari rumah. 

Baca Juga: 8 Jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia 2021, perlu dicermati calon mahasiswa

  • Menata ulang kamar

Agar suasana lebih terasa seperti di kantor, coba tata ulang kamar. Bersihkan meja belajar lalu tambahkan ornamen seperti meja kantor. 

Ada baiknya jika Anda bekerja di ruangan lain selain kamar tidur. Hal ini bisa menjauhkan Anda dari perasaan ingin bermalas-malasan di kasur. 

  • Menulis laporan

Buatlah laporan harian untuk mengevaluasi hasil kerja Anda. Jika kantor tidak mewajibkan laporan harian, buat untuk kepentingan Anda sendiri. 

Dari laporan harian tersebut, Anda bisa melihat pencapaian dan kekurangan Anda. Anda juga tahu pekerjaan apa saja yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan. 

  • Berinisiatif

Manfaatkan magang online untuk mengembangkan diri dengan mengambil inisiatif. Tawarkan bantuan pada rekan kerja yang sekiranya Anda bisa bantu. 

Tindakan Anda bisa jadi nilai tambah untuk mata kuliah magang. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pengalaman baru yang bisa jadi bekal saat bekerja kelak. 

Selanjutnya: 5 Universitas dengan jurusan hukum terbaik di Indonesia tahun 2021 versi THE WUR

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru