5 Tips jitu agar wawancara online berjalan dengan baik, penting untuk pencari kerja

Selasa, 06 Oktober 2020 | 15:42 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips jitu agar wawancara online berjalan dengan baik, penting untuk pencari kerja

ILUSTRASI. 5 Tips jitu agar wawancara online berjalan dengan baik, penting untuk pencari kerja.


MENCARI KERJA -  Di tengah situasi pandemi Covid-19, proses rekrutmen berubah menyesuaikan protokol kesehatan. Sesi wawancara yang biasa dilakukan secara langsung, diganti menjadi online.  

Adaptasi ini dilakukan agar proses rekrutmen tetap berjalan tapi tetap menjaga ketentuan kesehatan. Bagi sebagian pencari kerja wawancara online mungkin masih asing. Karena masih baru, tidak sedikit yang justru merasa kesulitan dengan wawancara online. 

Beragam kendala sering muncul karena belum terbiasa dengan sistem interview online. Imbasnya, sebagian pelamar terpaksa melewatkan kesempatan mengikuti wawancara kerja. 

Bagi yang Anda yang baru pertama melakukan wawancara online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dirangkum dari Karirpad dan Jobstreet.com, berikut tips agar wawancara online Anda sukses.

Baca juga: 5 Langkah yang harus dilakukan jika orang terdekat kena virus corona 

  • Mempelajari aplikasi yang digunakan untuk wawancara

Untuk menunjang wawancara online biasanya perusahaan memakai aplikasi tertentu. Google Meet, Zoom, hingga Skype biasa dipakai untuk wawancara online. Selain kualitas video yang bagus, aplikasi tersebut juga cukup mudah digunakan. 

wawancara online

Perusahaan biasanya mencantumkan jenis aplikasi apa yang akan digunakan saat wawancara online. Sebelum jadwal wawancara, sebaiknya Anda mempelajari aplikasi yang digunakan.

Pelajari fitur yang tersedia di aplikasi. Jangan sampai Anda menemui kendala saat wawancara kerja. Terlebih jika salah memilih fitur dan tidak tahu cara mengembalikannya.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru