Anda ingin buat akun Gmail? Ikuti panduan lengkapnya berikut ini

Senin, 01 Juli 2019 | 00:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Anda ingin buat akun Gmail? Ikuti panduan lengkapnya berikut ini


GAYA HIDUP - JAKARTA. Gmail menawarkan fasilitas berkirim pesan berisi dokumen, foto, dan video secara cepat. Namun, bagi yang belum punya, Anda harus membuat akun dulu agar bisa menikmati fasilitas Gmail.

Gmail merupakan layanan surel milik Google. Gmail menawarkan fasilitas mengirim surat elektronik dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, Gmail memberikan fasilitas untuk mengirimkan file berupa dokumen, foto, atau video. Dengan begitu para pengguna tidak perlu menggunakan flashdisk untuk mengirimkan file tersebut.  

Tidak hanya itu, Gmail juga dibutuhkan untuk mendaftar akun berbasis internet. Misalnya, ketika Anda mendaftar akun Internet Banking atau mendaftar sebagai member e-commarce.

Banyaknya manfaatkan dan kegunaan Gmail, sebaiknya Anda mulai membuat akun Gmail (pribadi). Yuk, intip cara mudah membuat akun Gmail.  

1. Anda pastikan komputer tersambung dengan jaringan internet. Kemudian, Anda buka mesin pencari Google yang terpasang di komputer.

2. Anda ketikkan www.gmail.com di kolom mesin pencari. Setelah itu Anda akan melihat halaman Sign In Gmail.com.

3. Anda klik "Create account" dan lanjutkan klik "For myself" untuk membuat akun gmail baru.

4. Anda masukkan nama lengkap dan buat username. Usahakan Anda membuat username dengan kombinasi huruf besar dan angka.

Setelah itu, Anda buat password yang terdiri dari delapan karakter kombinasi huruf dan angka. Lalu, Anda klik "Next" untuk melanjutkan proses pembuatan akun Gmail.

Perhatian, bila Anda tidak dapat beralih ke halaman selanjutnya, tandanya ada kesalahan. Umumnya, kesalahan pengguna baru adalah pemilihan nama username.

Untuk memudahkan proses, Google memberikan tiga pilihan nama username. Bila tidak ingin repot, Anda dapat memilihnya salah satu. Lalu Anda isi kembali kolom password dan konfirmasi password, kemudian klik "Next".

5. Sekarang Anda lanjutkan dengan memasukkan nomor telepon dan negara. Setelah itu, masukkan alamat email Anda yang lainnya sebagai account pengamanan.

Kemudian, Anda isi juga kolom tahun, bulan, dan tanggal kelahiran serta jenis kelamin. Lalu Anda klik "Next" untuk melanjutkan proses pembuatan akun baru Gmail.

6. Google akan menampilkan halaman permintaan pengiriman kode verifikasi melalui nomor ponsel. Anda klik "Send" dan pastikan ponsel dalam keadaan aktif. Agar ponsel Anda dapat menerima kode verifikasi yang dikirimkan Google.

7. Kemudian Anda masukkan kode verifikasi (yang diterima ponsel) di kolom yang disediakan lalu klik "Verify".

8. Google akan menampilkan halaman penawaran untuk menambahkan nomor kontak pribadi Anda lainnya. Nomor tersebut berfungsi untuk menerima informasi layanan, iklan, dan lainnya dari Google.

Bila Anda ingin menambahkan nomor lain maka klik "Yes, I'm in". Namun, bila  Anda tidak tertarik dapat klik "Skip".

9. Setelah itu, Google akan menampilkan halaman privacy and term. Anda scroll ke bawah dan klik "I agree".

10. Proses pembuatan, kini Anda dapat menggunakan Gmail untuk berkirim pesan.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru