Apple klaim lebih dari 50% iPhone sudah menjalankan sistem operasi iOS 13

Senin, 21 Oktober 2019 | 14:58 WIB Sumber: Kompas.com
Apple klaim lebih dari 50% iPhone sudah menjalankan sistem operasi iOS 13


APPLE - JAKARTA. Adopsi iOS 13 terbilang sangat cepat terserap. Sejak resmi digulirkan untuk pengguna umum akhir September lalu, Apple mengklaim lebih dari 50% iPhone yang dibuat dalam empat tahun terakhir sudah menjalankan iOS 13. 

Sementara itu, angka adopsi iPad OS yang juga baru dirilis sudah mencapai 41%. Sistem operasi khusus iPad ini dirilis sekitar sepekan setelah iOS 13 bergulir. 

IOS 13 membawa fitur-fitur baru yang disambut antusias pengguna iPhone, salah satunya mode gelap. Selain karena fitur, cepatnya adopsi iOS 13 juga dikarenakan Apple terus mendorong pengguna iPhone 6s ke atas untuk segera memperbarui software ke iOS 13. 

Baca Juga: Yuk, menjajal tren bourbon band kelas dunia Alice in Chain

Berbeda dengan Android, Apple bisa leluasa menggulirkan pembaruan ke perangkat kerasnya karena hanya dibuat oleh satu pabrikan. Dengan masifnya adopsi iOS 13, menurut analis David McQueen dari ABI Research akan membantu mengurangi fragmentasi di platform iOS. 

Dengan begitu fitur-fitur baru yang akan diberikan akan bisa lebih merata ke perangkat iOS. Sementara itu, Android terdiri dari berbagai macam merek smartphone yang menyulitkan update serentak. 

Baca Juga: Google luncurkan laptop Pixelbook Go dengan harga terjangkau

Penyerapan sistem operasi baru di kalangan penggunanya pun kalah cepat dibanding iOS. "Hal ini akan menyebabkan ketidakkonsistenan pengalaman pengguna di ekosistem Android dengan potensi masalah lain yakni keamanan," jelas McQueen dirangkum KompasTekno dari CNN, Sabtu (19/10). 

Fragmentasi di Android juga menjadi tantangan sendiri untuk pengembang yang ingin memberikan pengalaman konsisten di semua jenis perangkat. Sebab, masing-masing vendor memiliki rancangan perangkat dan software bawaan sendiri. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lebih dari 50 Persen iPhone Sudah Menjalankan iOS 13"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru