Avengers: Endgame cetak rekor penjualan akhir pekan US$ 1,2 miliar

Senin, 29 April 2019 | 12:22 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Avengers: Endgame cetak rekor penjualan akhir pekan US$ 1,2 miliar


FILM SUPERHERO - LOS ANGELES. The Avengers kembali memecahkan rekor box office dengan penjualan US$ 1,2 miliar di akhir pekan penayangan perdana. Avengers: Endgame menghasilkan penjualan US$ 350 juta di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Angka penjualan ini menembus rekor Avengers: Infinity War di tahun lalu yang mencapai US$ 258 juta pada pekan pertama di AS dan Kanada.

Total penjualan Avengers: Endgame di seluruh dunia pada akhir pekan penayangan perdana mencapai US$ 1,2 miliar. Box Office Mojo melaporkan, penjualan global (non-AS dan Kanada) mencapai US$ 859 juta pada akhir pekan.

Dari total penjualan global tersebut, sekitar US$ 330,5 juta penjualan hanya berasal dari China. Disney mengungkapkan, Endgame yang merupakan seri keempat film Avengers mencatat rekor penayangan di 44 negara. 

Rekor lainnya adalah, film pertama yang mencapai lebih dari US$ 1 miliar pada lima hari pertama. Endgame juga mencatat rekor penjualan domestik (AS) US$ 156,7 juta di hari pertama. Angka ini menembus rekor sebelumnya yang dicatat oleh Star Wars: The Force Awakens pada tahun 2015.

Rekor lainnya adalah, penjualan tertinggi box office untuk hari Sabtu dan Minggu. Bahkan, jumlah layar penayangan di AS dan Kanada pun mencapai rekor, yakni 4.662 layar yang menayangkan film berdurasi sekitar tiga jam ini.

Avengers: Endgame merupakan seri teranyar dari alur cerita 22 film yang dimulai dengan Iron Man pada tahun 2008. dan terus mencatat penjualan besar bagi Marvel Studio dan Walt Disney.

"Kami sangat senang dan kagum dengan tanggapan dari semua penonton dan penggemar film di seluruh dunia," kata Cathleen Taff, presiden distribusi Walt Disney Pictures dalam wawancara yang dikutip Bloomberg.

Disney yang juga memiliki franchise Star Wars, menargetkan penjualan pada akhir pekan pembukaan sekitar US$ 300 juta. "Film ini berpotensi menembus penjualan US$ 2,5 miliar secara global dan US$ 800 juta di pasar domestik,"kata Geetha Ranganathan, senior industry analyst Bloomberg Intelligence.

Penjualan Avengers: Endgame diprediksi bisa melampaui Star Wars: The Force Awakens pada tahun 2015 yang mencapai US$ 2,07 miliar. Menurut data Box Office Mojo, penjualan tertinggi film saat ini masih dipegang oleh Avatar (2009) yang mencapai US$ 2,79 miliar dan Titanic (1997) yang mencapai US$ 2,19 miliar.

Sementara total penjualan Avengers: Infinity War yang dirilis tahun lalu mencapai US$ 2,05 miliar dan berada di peringkat keempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru