Awas, ada malware sakti penyerang gadget Android yang kebal factory reset

Kamis, 31 Oktober 2019 | 21:22 WIB Sumber: Kompas.com
Awas, ada malware sakti penyerang gadget Android yang kebal factory reset

ILUSTRASI. ilustrasi aplikasi pada gadget seperti ponsel pintar (mobile Apps), (4/12). Kontan/ Panji Indra


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Bukan rahasia umum apabila perangkat Android rentan akan serangan malware dan program jahat lain sejenisnya. Umumnya, malware berbahaya akan binasa setelah perangkat dikembalikan ke mode pabrik atau factory reset. Namun tidak demikian halnya untuk malware satu ini. 

Ia adalah xHelper, malware yang pertama kali ditemukan sekitar bulan Maret lalu. Penyebarannya cukup agresif. Hingga bulan ini tercatat sudah ada 45.000 ponsel terinfeksi. 

Baca Juga: Saban hari, miliaran orang lakukan pencarian di Google termasuk sesuatu yang baru

Menurut Symantec, tiap harinya malware ini bisa menyerang 131 handset. xHelper menampilkan pop-up berisi iklan di perangkat korban untuk mendatangkan uang bagi pembuatnya.  

Malware ini juga menggiring ponsel korban ke Google Play Store, lalu coba membujuk agar memasang layanan website premium. Tujuannya tak lain menambah isi pundi-pundi sang aktor jahat pembuat xHelper lewat komisi. 

Satu hal unik dari xHelper adalah malware ini tak akan hilang meski korban menghapus memori perangkatnya dengan melakukan  factory reset. 

Bahkan, korban melaporkan bahwa xHelper mampu terpasang kembali biarpun sudah melakukan uninstall manual dan "install apps from unknown sources" sudah dimatikan, yang mestinya memblokir instalasi malware. 

Baca Juga: Amazon bisa tantang kesepakatan bernilai US$ 10 miliar

Padahal, Symantec dan perusahaan sekuriti lain, Malwarebytes, mengatakan bahwa xHelper tidak mengutak-atik OS Android maupun system apps. Keduanya pun dibuat bingung dengan sang malware yang seolah kebal factory reset. 

Dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Kamis (31/10/2019), sejauh ini belum ada perusahaan antivirus yang bisa memutus mekanisme "self-reinstall" xHelper. Rahasia kesaktian sang malware pun masih misterius. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru