Begini konsep kampung berseri Astra yang telah digalakan sejak 2013

Jumat, 28 September 2018 | 19:44 WIB   Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Begini konsep kampung berseri Astra yang telah digalakan sejak 2013

Aksi Hijau Astra di Pulau Pramuka


PT ASTRA INTERNATIONAL TBK / ASII - JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) terus berupaya untuk menggalakan program Kampung Berseri Astra (KBA). Program ini telah berjalan sejak tahun 2013.

Head of Corporate Communications ASII Boy Kelana Soebroto mengatakan, saat ini sudah ada 77 KBA di 34 Provinsi yang berfokus pada bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan & Kewirausahaan. "Sepanjang tahun ini, kami juga sedang mengembangkan 300 Desa Sejahtera di 100 Kabupaten," ujar Boy, Jumat (28/9).

Ketika ditanya soal rincian dana dari program ini, Boy enggan memberikan jawaban. Alasannya karena yang terpenting dari program KBA ini adalah harus ada keberlanjutan dan tujuannya agar masyarakat juga bisa mandiri dan sejahtera.

"Jadi untuk program Kampung Berseri Astra, setiap kampung memiliki keunggulan masing-masing. Dengan kebutuhan yang beragam.Tidak bisa diseragamkan. Dan kami tidak memberikan dana, namun kami berikan beragam pelatihan dan alat-alat pendukung program tersebut," terang Boy.

Boy lalu melanjutkan bahwa untuk menyukseskan program KBA ini, mereka menjalin kerja sama dengan tokoh penggerak yang memegang peranan penting dan masyarakat yang berkeinginan untuk maju serta potensi kearifan lokal yang unggul.

Pada tanggal 27 September hingga 28 September 2018 kemarin, ASII bersama karyawan perusahaan-perusahaan Grup Astra, media dan blogger mengadakan ‘aksi hijau’ di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka merupakan satu dari 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Dalam aksi hijau tahun ini, Astra mengajak peserta untuk menjelajahi sekaligus mempelajari berbagai aktivitas ramah lingkungan, seperti mengamati cara kerja biodigester, sumur resapan, urban farming, membuat ecobrick, hingga menanam 500 pohon mangrove serta terumbu karang sebagai upaya untuk mencegah abrasi dan kerusakan ekosistem laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru