Belitung menuju geopark global

Rabu, 30 Januari 2019 | 07:36 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Belitung menuju geopark global


WISATA - JAKARTA. Kabupaten Belitung didorong menjadi kawasan yang memiliki Geopark Nasional. Dengan begitu Belitung akan semakin dikenal wisatawan mancanegara.

“Belitung sudah kita tetapkan sebagai Geopark Nasional, dan sekarang sedang dipersiapkan menuju Geopark Global,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat melakukan kunjungan kerja ke Belitung, Selasa (29/1).

Menpar Arief juga mengatakan bahwa nilai ekonomi pada setiap pengembangan Geopark dapat menjadi destinasi pariwisata yang sustainable dan self financing atau swadana.

Tidak hanya itu, Implementasi Smart Tourism yang dilakukan di Kementerian Pariwisata, sekaligus merubah mindset dan mengimplementasikan kemajuan teknologi digital terkini.

“Hal ini, dikarenakan penilaian dan pengembangan Geopark masih belum mengedepankan nilai keekonomiannya. Penggunaan digital menjadi cara yang tepat untuk memajukan pariwisata,” imbuh Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (29/1).

Dalam kunjungannya ke Belitung, Menpar Arief Yahya meresmikan atraksi dan amenitas di sana. Mulai dari Geo Theater Alam Rimba, Destinasi Digital-Pasar Rimba Alam Bahagia, Dive Center dan salah satu amenitas baru di sana yaitu Swiss Belresort Hotel Tanjung Binga.

Pasar Rimba sendiri merupakan destinasi digital yang dikembangkan oleh pemerintah daerah beserta masyarakat dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata.

Destinasi digital yang mengusung konsep vegetarian ini berada di Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung dan buka setiap hari Minggu.

Sekadar informasi, kunjungan Menpar ke Belitung juga untuk meresmikan Diving Center, Tanjung Binga, Kabupaten Belitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru