Beramal, Ahok lelang baju batik di sidang kasus penistaan agama, harga mulai Rp 54

Selasa, 30 Juni 2020 | 08:58 WIB Sumber: Kompas.com
Beramal, Ahok lelang baju batik di sidang kasus penistaan agama, harga mulai Rp 54

ILUSTRASI. Jakarta's first non-Muslim governor and Chinese-ethnic minority, Basuki Tjahaja Purnama also known as Ahok, arrives in court for his verdict in Jakarta, Indonesia May 9, 2017. REUTERS/Bay Ismoyo/Pool


LELANG ONLINE - Jakarta. Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan lelang baju batik yang ia kenakan dalam persidangan kasus penistaan agama beberapa tahun lalu. Hasil lelang baju batik Ahok tersebut akan disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan dalam platform Jangkau.

Ada 19 baju batik Ahok yang dilelang. Lelang baju batik Ahok dilakukan benihbaik.com. Acara ini merupakan kerja sama BTP Foundation dan benihbaik.com untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Harga mobil baru ini diskon Rp 50 juta hingga Rp 300 juta, tapi stok terbatas

Setiap minggunya, benihbaik.com akan lelang baju batik Ahok sebanyak tiga buah. Tiga batik pertama yang akan dilelang adalah batik yang digunakan pada sidang perdana 13 Mei 2016, 20 Desember 2016, dan saat sidang putusan pada 9 Mei 2017.

Lelang baju batik Ahok pada 13 Mei 2016 akan dibuka dengan harga spesial, yakni hanya Rp 54. Angka tersebut sengaja dipilih sesuai dengan usia Ahok yang merayakan ulang tahun Senin (29/6/2020). 

Namun, ada kebijakan tersendiri bagi orang-orang yang ingin mendapatkan lelang baju batik Ahok pada lelang pertama ini. "Karena Pak Ahok ulang tahun ke-54 jadi kami memberikan kesempatan kepada siapapun ikutan di lelang ini, tetapi siapa pun yang akan ikut harus menambah kelipatannya Rp. 500.000," kata Andy F Noya selaku pembawa acara dalam konferensi pers virtual, Senin malam. 

Lelang baju batik Ahok yang kedua adalah yang digunakan Ahok pada persidangan 20 Desember 2016. Batik ini ternyata memiliki cerita tersendiri karena dibeli dan dijahit bersamaan dengan milik Presiden RI, Joko Widodo.

"Batik ini Pak Jokowi punya persis tapi kombinasi dari tukang jahitnya dibikin beda, waktu itu kita bikinnya bareng cuma dibentuk kombinasinya beda," kata Ahok.  Lelang baju batik Ahok kedua dibuka harganya dari Rp 296 sesuai dengan tanggal kelahiran pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama tersebut.

Terakhir, batik berwarna biru dan putih merupakan batik yang digunakan Ahok dalam sidang putusan pada 9 Mei 2017. Ada filosofi menarik di balik batik biru putih yang dibeli Ahok dari Riana Kusuma tersebut. "Saya baru tahu batik ini ada yang menafsirkan bahwa ini batik duka cita dalam peranakan China dulu. Ini coraknya untuk mengatakan duka cita atas hukum kita yang masih berdasarkan massa," kata Ahok.

Baca juga: Mau tahu biaya perawatan pasien Covid-19, simak yuk

Namun BTP Foundation belum menentukan harga awal untuk lelang baju batik Ahok terakhir tersebut yang memiliki nilai sejarah tinggi dalam perjalanan karier Ahok. Bagi Anda yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam lelang batik Ahok, Anda bisa langsung mendaftar ke laman benihbaik.com.

(Ady Prawira Riandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahok Lelang 19 Batik yang Dipakai Saat Sidang Penistaan Agama",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru