Berkenalan dengan Wuling Hong Guang, mobil listrik terlaris lampaui Tesla Model 3

Selasa, 23 Maret 2021 | 11:39 WIB Sumber: Gaadi Waadi
Berkenalan dengan Wuling Hong Guang, mobil listrik terlaris lampaui Tesla Model 3

ILUSTRASI. Berkenalan dengan Wuling Hong Guang, mobil listrik terlaris lampaui Tesla Model 3


OTOMOTIF - SHANGHAI. Wuling Hong Guang Mini mengalahkan Tesla Model 3 sebagai mobil listrik terlaris di dunia pada Januari dan Februari 2021 Tesla mungkin adalah merek mobil listrik paling populer di dunia saat ini, dan Model 3 adalah mobil listrik terlaris di dunia hingga saat ini.

Pada tahun 2021, penjualan global Tesla Model 3 dikalahkan oleh kendaraan listrik mungil buatan China, bernama Wuling Hong Guang Mini EV, yang hanya tersedia di pasar China.

Mobil listrik Wuling Hong Guang Mini diproduksi oleh SAIC-GM-Wuling Automobile di China. Perusahaan otomitf ini hasil patungan antara SAIC Motor China dan Wuling Motors, dan General Motors Amerika Serikat. Kendaraan pabrikan Wuling menjadi mobil listrik terlaris di dunia selama dua bulan terakhir.

Menurut EV-Volumes.com dilanisr dari Gaadiwaadi, pabrikan mengirimkan 36.762 unit mobil listrik Hong Guang Mini pada Januari 2021. Angka tersebut lebih banyak dibandingkan dengan 21.589 unit untuk Tesla Model 3.

Baca Juga: Wuling Motors luncurkan New Confero S di tengah momentum insentif PPnBM

Mobil listrik Wuling Hong Guang kalahkan Tesla Model 3 sebagai mobil listrik terlaris

Pada Februari 2021, angka pengiriman mobil listrik Wuling Hong Guang Mini mencapai 20.167 unit, sedangkan Tesla Model 3 berhasil menjual hanya 13.688 unit. Alasan terbesar menjadi yang terlaris adalah harga mobil listrik yang sangat terjangkau.

Mobil listrik Wuling Hong Guang Mini memiliki harga mulai dari USD 4.425 atau sekitar Rp 63,5 juta.

Dimensi dari Hong Guang Mini tergolong mungil, dengan panjang 2.917mm, lebar 1.493mm, dan tinggi 1.621mm, serta jarak sumbu roda 1.940mm. Beratnya hanya 665 kg dan menawarkan ruang bagasi maksimum 741 liter (dengan kursi belakang terlipat).

Baca Juga: Varian baru dipasarkan, harga mobil New Wuling Confero S hanya Rp 100 jutaan

Mobil listrik Wuling Hong Guang kalahkan Tesla Model 3 sebagai mobil listrik terlaris

Mobil listrik ini tersedia dengan dua opsi baterai - 9,3 kWh dan 13,8 kWh - yang menawarkan jarak mengemudi maksimum masing-masing 120 km dan 170 km sesuai NEDC.

Wuling menyematkan motor listrik tunggal, yang menghasilkan tenaga puncak 17,4 horsepower dan torsi maksimum 85 Nm. Kecepatan tertinggi mobil listrik ini mencapai 100 km/jam dan dapat mengangkut hingga empat penumpang.

Mobil listrik Tesla Model 3 dapat unggul dalam hal spesifikasi baterai, kinerja, jangkauan, dan fitur, tetapi faktor keterjangkauan dan kenyamanan Wuling Hong Guang Mini EV mengalahkannya.

Pada Juli tahun lalu, Elon Musk juga membahas fakta bahwa mobil listrik Tesla Model 3 terlalu mahal untuk pasar tertentu.

Selanjutnya: Harga mobil bekas Wuling Confero kian ramah, cek harga Maret 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru