Calon pekerja harus tahu, ini 5 skill yang dibutuhkan di dunia kerja

Minggu, 04 Oktober 2020 | 08:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Calon pekerja harus tahu, ini 5 skill yang dibutuhkan di dunia kerja


MENCARI KERJA -  Semakin banyak persaingan mencari kerja, tentu Anda harus memiliki nilai lebih. Di dunia kerja sekarang, perusahaan banyak mencari calon pegawai dengan skill mumpuni.

Agar bisa bersaing, Anda harus membekali skill yang dicari oleh perusahaan. Hal ini berlaku untuk lulusan baru dan yang sudah berpengalaman.

Sering lulusan baru atau fresh graduate kesulitan mendapatkan pekerjaan. Untuk yang berpengalaman, sering mereka hanya mengandalkan hard skill. Padahal selain kemampuan tersebut, ada skill lain yang harus dimiliki pencari kerja. 

Semua perusahaan sekarang mencari kandidat dengan soft skill yang mumpuni. Soft skill dibutuhkan agar suatu perusahaan mampu berjalan dengan baik.

skill yang dibutuhkan

Sama seperti hard skill, soft skill harus dipelajari dan diasah. Untuk mengembangkannya tersebut, Anda bisa ikut pelatihan baik online maupun di seminar.

Baca juga: Berikut cara investasi ORI 018, cuma butuh empat langkah 

Bersumber dari World Economic Forum, berikut adalah kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang.

  • Kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain

Skill yang dibutuhkan di dunia kerja yang pertama adalah mampu berkoordinasi dengan baik. Mungkin terdengar sepele, tapi tidak semua mampu untuk melakukannya.

Manusia terkadang memiliki ego yang cukup tinggi, terlebih jika berkaitan dengan pekerjaan. Tidak jarang pekerja segan atau gengsi untuk bekerjasama dengan sesama pegawai. 

Mampu berkoordinasi dengan orang lain dibutuhkan agar target bisa tercapai. Masalah yang dihadapi bersama juga bisa lebih cepat terselesaikan. Hal ini tentunya menguntungkan untuk semua pihak.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru