Cara memilih makanan kucing terbaik

Selasa, 28 Juli 2020 | 15:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara memilih makanan kucing terbaik

ILUSTRASI. Makanan kucing terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan kucing.


Hewan Peliharaan - JAKARTA. Agar bisa panjang umur dan memiliki tubuh yang sehat, kucing yang Anda pelihara harus diberi makanan kucing terbaik. Ada banyak produk yang bisa Anda pilih dengan memperhatikan beberapa faktor. Salah satunya adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kucing.

Karena termasuk dalam kategori karnivora, makanan kucing terbaik harus berisi protein, lemak, dan sejumlah karbohidrat. Tak hanya itu, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi lain, seperti vitamin, mineral, asam lemak, dan asam amino. Meski makanan kucing terbaik mengandung sejumlah nutrisi, tapi Anda harus berhati-hati agar tidak memberikan nutrisi secara berlebih.

Mengutip dari Cornell University (vet.cornell.edu), memberikan suplemen tambahan dengan maksud membuat kucing sehat justru tidak disarankan. Suplemen boleh dikonsumsi kucing jika ada rekomendasi atau persetujuan dari dokter hewan agar tidak menimbulkan efek samping pada kucing.

Cornell University juga menyebutkan beberapa jenis makanan kucing terbaik yang bisa Anda coba, yaitu dry food, semi-moist food, dan makanan kaleng. Dry food terdiri dari 6 – 10 persen air yang dicampur dengan bahan lain dan dikeringkan. Bahan-bahan yang ada dalam dry food, yaitu daging, biji, makanan ikan, sumber serat, susu, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Inilah 5 jenis kucing termahal di dunia, harganya bisa US$ 3.000

Daging dan makanan olahan daging menjadi bahan dasar semi-moist food. Kedelai, sereal, makanan olahan dari biji juga ditambahkan dalam semi-moist food. Biasanya, kucing lebih suka semi-moist food, tapi harga semi-moist food lebih mahal jika dibandingkan dengan dry food.

Makanan kucing terbaik bisa Anda temukan pada makanan kaleng. Cornell University menyebutkan bahwa makanan kaleng memiliki kelembaban minimal 75% sehingga cocok dipakai sebagai sumber makanan yang berair.

Makanan kucing terbaik ini memiliki harga yang paling mahal, tapi juga paling digemari kucing karena lezat. Makanan kaleng biasanya dilengkapi dengan daging.
Namun, Cornell University mengingatkan bahwa ada beberapa produk dengan kandungan nutrisi yang tidak lengkap sehingga Anda harus teliti membaca label nutrisi.

Baca Juga: Perhatikan gejalanya, begini cara mengobati kucing flu

Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik

Membaca label nutrisi adalah hal utama yang perlu dilakukan untuk mencari makanan kucing terbaik. Makanan kucing terbaik yang terjamin memiliki tanda khusus berupa “AAFCO STATEMENT” yang dikeluarkan oleh Association of American Feed Control Officials (AAFCO).

Kebutuhan nutrisi kucing berbeda-beda sesuai dengan tingkat kehidupan, yaitu anak kucing, kucing dewasa, kucing hamil, dan kucing yang sedang menyusui. Makanan kucing terbaik tentunya akan mencantumkan tingkatan di labelnya, tapi ada juga makanan kucing yang bisa dikonsumsi oleh semua kucing.

Selain memilih label nutrisi, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dipilih. Anda bisa menyesuaikan jenis makanan dengan selera kucing yang Anda miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru