Dari Musee du Louvre ke Madame Tussauds

Jumat, 18 November 2016 | 19:09 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Dari Musee du Louvre ke Madame Tussauds


Di banyak negara, museum justru jadi salah satu objek wisata primadona. Bukan cuma buat turis lokal, juga pelancong asing.

Tak heran, sejumlah museum di luar negeri selalu penuh pengunjung. Bahkan, di beberapa museum seperti Musei Vaticani di Vatikan, Anda mesti rela antre berjam-jam untuk bisa masuk ke museum.

Itu sebabnya, agen perjalanan juga memasukkan museum dalam daftar paket wisata ke luar negeri yang mereka tawarkan.

“Biasanya, paket wisata itu ditujukan untuk keluarga saat musim liburan sekolah. Sehingga, liburan mereka tetap ada unsur edukasi buat anak-anak dengan pergi ke museum,” kata Putu Ayu Aristyadewi, Group Vice President Marketing and Communication Smailing Tours and Travel Service.

Tentu, bukan sembarang museum yang bisa masuk daftar paket wisata. Putu bilang, museum itu harus yang namanya mendunia.

Contoh, Musee du Louvre. Museum seni di Paris, Prancis, ini memang sangat terkenal.

Selain merupakan museum seni terbesar sejagad dengan lebih dari 40.000 koleksi patung dan lukisan dari seniman dunia, Musee du Louvre menyimpan lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

Museum terkenal lainnya adalah Hermitage Museum. Terletak di Saint Petersburg, Rusia, Hermitage Museum adalah salah satu museum seni dan budaya terbesar lagi tertua di Bumi.

Museum yang berdiri 1764 silam ini memiliki tiga juta koleksi benda seni dan budaya dari Eropa termasuk Mesir. Di museum ini juga terdapat lukisan paling besar di dunia goresan Rembrandt van Rijn, Michaelangelo Buonarroti, serta Leonardo da Vinci.

Harga tiket masuk ke Hermitage Museum sebesar 600 rubel atau US$ 22,95 per orang, termasuk Winter Palace of Peter the Great dan Menshikov Palace.

Masih di Eropa tepatnya di London, Inggris, ada British Museum yang juga sangat populer. Museum yang berdiri 1753 silam ini punya delapan juta benda dari seluruh benua.

British Museum pun jadi salah satu museum dengan jumlah koleksi terbesar dan terlengkap di dunia. Untuk masuk ke British Museum, Anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Tidak hanya di Eropa tempat bercokol museum-museum terkenal, Amerika Serikat juga memiliki sejumlah museum ternama. Sebut saja, Metropolitan Museum of Art di New York yang berdiri 1870 silam.

Museum yang populer dengan sebutan The Met ini merupakan salah satu museum dengan tingkat kunjungan tertinggi di dunia. Koleksinya mencapai dua juta benda seni.

Bangunan utama museum ini dikenal sebagai galeri terbesar seantero jagad. Tidak ada tiket masuk ke Metropolitan Museum of Art.

Tapi, bicara museum, jangan lupakan Madame Tussauds, museum patung lilin yang berada di London. Museum yang didirikan pematung lilin asal Prancis, Marie Tussaud, ini berisi patung-patung lilin tokoh-tokoh sejarah, keluarga kerajaan, bintang film, atlet tenar, dan tokoh-tokoh kriminal terkenal.

Termasuk, patung lilin Presiden RI pertama Soekarno yang menjadi koleksi Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Tak hanya di Bangkok, museum ini juga ada di Amsterdam, Las Vegas, New York, Los Angeles, Washington D.C, Hong Kong, Shanghai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru