David Beckham investasi € 25 juta di tim e-sport Inggris

Minggu, 28 Juni 2020 | 08:19 WIB Sumber: Kompas.com
David Beckham investasi € 25 juta di tim e-sport Inggris

ILUSTRASI. David Beckham, jadi co-owner di Guild E-sports


TOKOH - JAKARTA. Mantan pesepakbola, David Beckham mulai mencoba peruntungan bisnis di dunia E-sport. 

Beckham yang mendapat popularitas dari klub Manchester United dan menjadi kapten Tim Nasional Inggris itu dikabarkan telah bergabung menjadi co-owner di perusahaan e-sports, yaitu Guild E-sports yang berbasis di London, Inggris. 

"Saya berkomitmen untuk memelihara dan mendorong talenta berbakat melalui sistem akademi yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan tim Guild E-sports," kata Beckham dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Hari Ini tepat tujuh tahun pensiun, David Beckham masih rindu sepakbola

Melalui perusahaan pemodal DB Ventures, Beckham menanamkan modal di Guild E-sports mencapai € 25 juta setara Rp 400 miliar. Selain Beckham, Blue Star Capital juga menjadi salah satu investor awal dari perusahaan e-sports tersebut. 

"Kami bangga menjadikan David Beckham sebagai co-owner dalam bisnis ini, karena profesionalitas dan pengalamannya dapat membangun tim olahraga e-sports terbaik di kelasnya," kata Carleton Curtis, Executive Chairman of Guild Esports. 

Sementara itu, Guild E-sports mengatakan bahwa pihaknya akan mencetak bibit-bibit muda e-sports untuk kelak berkompetisi di game Rocket League, FIFA, dan Fortnite. 

Guild E-sports sendiri berencana memulai kompetisi tersebut pada paruh akhir tahun 2020. "Nantinya, Beckham dilibatkan untuk membantu menyusun program yang akan diterapkan dalam akademi kami. Tentu saja kami menyambut baik kehadiran Beckham karena ia merupakan inspirasi bagi atlet generasi muda," ungkap Curtis. 

Baca Juga: Messi tolak Inter Milan bukan karena uang, tapi karena ini

E-sports menjadi kian populer di tengah masyarakat sejak diberlakukannya aturan karantina wilayah ketat, terkait pandemi Covid-19 yang melanda di berbagai belahan dunia. 

Dihimpun KompasTekno dari VP Esports, Minggu (28/6), jumlah uang yang berputar di industri e-sports global saat ini sebesar US$ 1,1 miliar setara Rp 15,7 triliun, dan pada 2023 mendatang akan mencapai US$ 1,56 miliar atau Rp 22 triliun. (Conney Stephanie)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "David Beckham Investasi Rp 400 Miliar di Tim E-sports Inggris".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru